Resmikan Videotron, Bupati Tegal: Dukung Penguatan Literasi Masyarakat

Tegal - Bupati Tegal Umi Azizah mengatakan, penguatan literasi masyarakat akan menjadi bekal untuk membangun daerah yang unggul dan berdaya saing.

Hal itu dikatakan Bupati Umi Azizah saat peresmian Videotron Layanan Informasi Publik Antara Digital Media bersama Deputi VII Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Kominfotur) Marsda TNI Arif Mustofa, di simpang PLN Slawi, Selasa (24/5).

Bupati Umi mengatakan, kehadiran videotron pertama di Kota Slawi ini sangat bermanfaat untuk mendukung ikhtiar penguatan akses informasi masyarakat. Selain itu, pihaknya memandang kehadiran videotron akan menjadi sarana komunikasi yang efektif dalam membangun optimisme masyarakat.

"Dengan asupan informasi faktual dan solutif, serta pemberantasan berita bohong (hoaks) yang kini membanjiri media sosial akan membantu membangun optimisme masyarakat dalam pemulihan ekonomi dari dampak pandemi COVID-19 yang dilakukan pemerintah," ujar Bupati Umi.

Pada kesempatan itu, Bupati Umi juga mengucapkan terima kasih kepada Antara Digital Media dan Kemenko Polhukam karena telah mendukung peningkatan akses informasi masyarakat di Kabupaten Tegal.

"Kami berharap kemitraan ini bisa terus berkembang, khususnya dalam mendorong kemajuan Kabupaten Tegal," ujarnya.

Di akhir, Bupati Umi berpesan kepada jajaran OPD di Pemkab Tegal untuk memanfaatkan dengan baik videotron tersebut.

"Saya minta kepada kepala OPD untuk memanfaatkan slot-slot yang tersedia di videotron dengan konten-konten positif berkualitas dan informatif. Tidak kalah pentingnya, jangan lupa rawat dan jaga videotron ini, karena kehadirannya juga menambah kesan semarak Kabupaten Tegal," tandas Bupati Umi.

Sementara itu, Marsda TNI Arif Mustofa mengatakan, platform diseminasi informasi berupa videotron yang kini dimiliki Kabupaten Tegal dapat menjadi saluran informasi efektif kebijakan pemerintah kepada publik. Selain itu, tambahnya, kehadiran videotron ini sebagai sarana edukasi yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Sekali lagi, atas nama Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, saya ucapkan selamat atas peresmian videotron kepada Pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Tegal," tutup Marsda Arief.

Di tempat yang sama, CEO Antara Digital Media Darmadi mengatakan, kehadiran videotron ke-12 ini yang meskipun smasih terfokus di Provinsi Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, menjadi bukti komitmen perusahaan untuk menyatukan negeri.

"Aselerasi layanan informasi publik di seluruh Indonesia sempat terkendala pandemi COVID-19 dalam dua tahun terakhir. Namun, seiring pelonggaran aktivitas oleh pemerintah pusat, Antara Digital Media pun tidak ingin kembali kehilangan momentum dengan segera mempercepat pemasangan media digital di dalam dan luar ruang. Kedepan, Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan akan menjadi target pemasangan selanjutnya," ujar Darmadi.

Di akhir sambutannya, Darmadi berterima kasih atas sambutan positif Pemkab Tegal terhadap kehadiran videotron layanan informasi publik, serta dukungan Kemenko Polhukam, dan Kementerian Kominfo RI dalam mendukungan penguatan diseminasi informasi di seluruh penjuru negeri.