Polda NTT Gelar Baksos Hari Bhayangkara ke-74 di Manggarai Barat

Labuan Bajo - Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol Hamidin mengikuti upacara pelepasan bakti sosial serentak dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-74 di Polres Manggarai Barat, Jumat (26/6).

Kegiatan yang dilakukan secara virtual ini dipimpin langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Selain kapolda NTT, upacara tersebut juga diikuti seluruh pejabat utama Polda NTT, tiga kapolres dari Kabupaten Manggarai Raya, Danramil 1612-02/Komodo sekaligus Perwira Penghubung Kodim 1612/ Manggarai Kapten I Nyoman Sukada, Ketua Pengadilan Negeri Labuan Bajo Muhammad Nur Ibrahim dan Kepala Kejaksaan Negeri Labuan Bajo Iqbal, serta perwakilan dari Pimpinan Cabang Pembantu BRI Labuan Bajo Unang Suryono.

Kapolri Jenderal PolisI Idham Azis, dalam sambutannya menyampaikan bahwa peringatan Hari Bhayangkara ke-74 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena saat ini penuh dengan keprihatinan karena dampak pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara.

“Bakti sosial yang diberikan saat ini adalah wujud nyata dari kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak langsung dari COVID-19,” ujar kKapolri.

Total bantuan sosial yang diberikan Mabes Polri saat ini 220.885 paket yang didistribusikan ke seluruh Polda dan jajarannya se-Indonesia. Selain kegiatan pembagian sembako ini, Polri juga mengadakan kegiatan tes cepat (rapid test) sebanyak 4.240 orang, donor darah yang diikuti oleh 6.776 orang dan pembagian sembako 42.858 paket.

Selain itu, Polri menyelenggarakan beberapa kegiatan simpatik lainnya berupa pembagian hand sanitizer, APD dan face shield kepada fakir miskin, buruh/karyawan yang di-PHK, panti jompo, panti asuhan, panti sosial, purnawirawan/warakawuri TNI/Polri, tenaga medis, disabilitas dan beberapa kelompok masyarakat lainnya.

“Saya ingin mengingatkan kembali bahwa Polri harus selalu hadir untuk masyarakat. Polisi itu ada dan bekerja untuk masyarakat. Teruskan banyak berbuat kebaikan, jadilah polisi yang benar-benar dirasakan manfaatnya dengan berbagai kegiatan di tengah masyarakat,” ujar kapolri.

Setelah upacara, kapolda NTT menyempatkan waktu melakukan bakti sosial serentak dengan menyerahkan paket sembako kepada perwakilan ojek online, buruh bangunan, petugas kebersihan, nelayan, sopir angkot dan PHL Polri. Selai itu, kapolda NTT juga memberikan layanan SIM gratis kepada masyarakat yang lahir pada 1 Juli.

Para penerima SIM gratis tersebut menyampaikan apresiasi kepada Polri dan Bank BRI karena telah memberikan kado spesial di hari ulang tahun mereka yang bertepatan dengan Hari Bhayangkara ke-74.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah memberikan kami bantuan sosial berupa sembako dan juga SIM gratis. Kiranya Tuhan memberkati Polri selalu,” ujar salah satu perwakilan penerima SIM gratis.

Acara ditutup dengan pelepasan secara simbolis mobil bakti sosial serentak dalam rangka Hari Bhayangkara ke-74 oleh Kapolda NTT Irjen Pol Hamidin.