Polres Batang Pastikan Pilkades Berjalan Aman dan Kondusif

Batang - Kapolres Batang AKBP M. Irwan Susanto memastikan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 32 desa dan 14 kecamatan akan berjalan aman dan kondusif.

Namun demikian, pihaknya tidak meremehkan pelaksanaan pesta demokrasi di tingkat desa yang akan berlangsung pada Minggu 29 Mei 2022.

“Strategi di Pilkades serentak ini, kita pengamanannya kolaborasi dengan rekan - rekan TNI Kodim 0736, Polri dari Satuan Brimob Pekalongan, Satpol PP dan Linmas,” kata AKBP M. Irwan Susanto usai Apel Pergeseran Pengamanan Pilkades serentak di halaman Mapolres Batang, Kabupaten Batang, Sabtu (28/5).

Ia juga menyebutkan, ada sekitar 400 personel yang siap mengamankan Pilkades berjalan aman dan kondusif.

“Sebanyak 400 personel sudah kita gelarkan. Hari ini gelar pasukan hanya sebagian saja, sebagian sudah kita insert di masing - masing Tempat Pemungutan Suara (TPS),” jelasnya.

Distribusi pergeseran pasukan, lanjut dia, ketika dinyatakan lengkap. Masing - masing perwira pengendali pasukannya ke masing - masing titik tempat pengamanan.

“Setiap desa personel pengamanan ada 10, tetapi kita melihat eskkalasinya. Jadi kita bagi menjadi tiga zona, yakni merah kuning, zona aman atau hijau,” ungkapnya.

Kapolres Batang juga menyatakan hingga saat ini situasi masih aman dan kondusif. Karena dari masing - masing calon kepala desa dengan petugas ada komunikasi yang baik.

“Saya harapkan kedepan kontestasi politik mengedepankan kedewasaan dalam berkomunikasi, berkolaborasi untuk membangun desa,” tegasnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki menyatakan, tahapan dan Pilkades serentak berjalan sesuai regulasi dan berjalan aman terkendali dan kondusif.

“Tahapan - tahapan sudah kami laksanakan sesuai prosedur dan Alhamdulilah hari ini sudah kita ikuti apel pergeseran pasukan untuk pengamanan Pilkades pada 29 Mei 2022,” pungkasnya.