Plt Bupati Muara Enim Resmikan Pemugaran Makam Puyang Lawang Kidul

Muara Enim - Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim Juarsah bersama Plt Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki dan Tumenggung Lawang Kidul Dedi Sigrmanudin melakukan peletakan batu pertama pemugaran Makam Puyang Lawang Kidul Syekh Muhammad Ilyas di Bedeng Obak Dusun VI, Desa Lingga, Kecamatan Lawang Kidul, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Minggu (28/6).

Juarsah memberikan apresiasi kepada warga Bedeng Obak terutama kepada tim pelaksana atas inisiatif pemugaran Makam Puyang Lawang Kidul. Dirinya juga telah menginstruksikan perusahaan-perusahaan di wilayah Kecamatan Lawang Kidul untuk mendukung penyelesaian pemugaran Makam Puyang Lawang Kidul.

 

“Untuk perusahaan-perusahaan yang beroperasi di wilayah Kecamatan Lawang Kidul agar dapat terus mendukung kegiatan-kegiatan religi seperti pemugaran Makam Puyang Lawang Kidul ini, dan bukan hanya di sini tapi di setiap kegiatan lainnya,” ujarnya.

 

Juarsah memberikan dukungan penuh atas pemugaran Makam Puyang Lawang Kidul, karena di samping memiliki nilai historis tinggi, juga untuk mendukung Tanjung Enim sebagai kota wisata religi.

 

Pada kesempatan tersebut, Juarsah juga memberikan bantuan berupa 50 sak semen kepada tim pemugaran Makam Puyang Lawang Kidul.

 

Sementara itu, Tumenggung Lawang Kidul Dedi Sigarmanudin menjelaskan sekilas sejarah Puyang Lawang Kidul.

“Puyang Lawang Kidul berasal dari Pati di Pulau Jawa yang bernama Syech Muhammad Ilyas Bin Abdullah sebagai penyebar peradaban Islam pada abad ke-13 di Kecamatan Lawang Kidul," jelasnya.

 

Menurutnya, pemugaran makam ini bertujuan mengangkat kembali budaya lokal asli daerah setempat untuk diperkenalkan kepada generasi muda dengan harapan bukan hanya sekadar diketahui tapi demi diteruskan jejak-jejak religiusnya.

Turut hadir, Plt Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim Liono Basuki dan Tumenggung Lawang Kidul Dedi Sigrmanudin.