Bupati Pemalang Resmikan Teaching Factory L'Tefa Hotel dan Glamping

Pemalang - Selain menjadi keberhasilan yang telah dicapai yayasan Pendidikan Liberty Kabupaten Pemalang, keberadaan Teaching Factory (Tefa) ini juga merupakan salah satu kemajuan di bidang pendidikan dan pariwisata.

Hal ini disampaikan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat meresmikan Teaching Factory L'Tefa Hotel dan L'Tefa Glamping Yayasan Pendidikan Liberty Kabupaten Pemalang di Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Rabu (1/6).

Bupati Agung mengatakan, eksistensi dan keberadaan Teaching Factory ini telah mendukung dan memberikan akses terhadap fasilitas pendidikan dalam upaya mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM pariwisata di Pemalang terutama bagi siswa -siswi SMK Pariwisata Liberty Pemalang.

Untuk itu, pihaknya mendukung dan bangga akan kehadiran L'tefa Hotel dan L'tefa Glamping sebagai salah satu fasilitas Teaching Factory yang ada di Kabupaten Pemalang.

"Saya yakin eksistensi dan keberadaannya akan membawa dampak positif bagi dunia pendidikan dan pariwisata di Pemalang," ujar Agung.

Bupati juga menyampaikan bahwa dengan adanya Teaching Factory L'tefa Hotel dan L'tefa Glamping para siswa SMK dapat lebih mudah dalam belajar serta terbiasa dengan lingkungan dan budaya profesionalisme yang telah diterapkan di dunia usaha maupun industri.

Agung berharap, keberadaan L'tefa Hotel dan L'tefa Glamping dapat mendorong kemajuan sektor pariwisata daerah utamanya dalam pelaksanaan program Desa Wisata (Dewi) yang sedang digalakkan dan dapat menyediakan fasilitas penginapan yang dapat memenuhi kebutuhan serta menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Sementara itu Kepala SMK LIBERTY Pemalang Teguh dalam laporannya menjelaskan bahwa Teaching Factory adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi atau jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri.

"L'tefa Hotel ini terletak di Jalan D.I Panjaitan Paduraksa Pemalang dan L'tefa Glamping ini lokasinya di desa Karangsari yang saat ini sedang diresmikan," jelasnya.

Teguh menambahkan bahwa SMK LIBERTY juga ada program namanya program desa binaan untuk membina desa, seiring dengan visi misi Bupati Pemalang tentang Desa Wisata (Dewi).

"Maka binaan SMK LIBERTY kami jatuhkan ke Desa Karangsari karena Desa Karangsari menjadi lintasan wisata paling keren di Pemalang karena jalur wisata ke arah guci semua orang dari arah timur pasti harus lewat jalan di depan sini," paparnya.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan untaian melati ronce dan penandatanganan prasasti.

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Pemalang Mohammad Arifin, Kepala OPD terkait, Pimpinan Yayasan Pendidikan Liberty dan Forkopimcam Kecamatan Pulosari.