Bupati Manggarai Buka Rembuk Percepatan Penurunan Stunting

Manggarai - Bupati Manggarai Deno Kamelus membuka kegiatan Rembuk Percepatan Penurunan Stunting dan Launching Dokumen Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi Tingkat Kabupaten Manggarai, Senin (29/6).

Bupati Deno menjelaskan bahwa Dokumen Rencana Aksi Daerah Pangan dan Gizi merupakan panduan bagi pemerintah daerah dalam pembangunan di sektor pangan dan gizi.

Bupati Deno menyampaikan, data stunting di Kabupaten Manggarai berdasarkan hasil riset kesehatan dasar pada tahun 2013 dimana persentasenya sebesar 58,89 persen dan 2018 turun menjadi 23,48 pprsen atau sejumlah 6.184 balita.

"Hal ini dikarenakan berbagai upaya dan intervensi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Manggarai," tegas Bupati Deno.

Dirinya juga meminta pengoptimalan peran dari seluruh sektor di semua tingkatan, seperti untuk camat agar rutin melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap persoalan stunting, demikian juga para kepala desa/lurah, petugas kesehatan, kader posyandu, petugas lapangan KB untuk bersama-sama melakukan upaya konkret seperti edukasi, kunjungan rumah, kegiatan penimbangan, dan kegiatan nyata lainnya demi menurunkan angka stunting di Kab. Manggarai, Nusa Tenggara Timur.