Kemenparekaf Verifikasi Usulan Tanda Kehormatan Satyalencana Kepariwisataan di Demak

Demak – Dinas Pariwisata Kabupaten Demak bersama pengelola Desa Wisata Istambul BUMDes Istambul Karya menerima kunjungan dari tim penilaian calon penerima penghargaan Tanda Kehormatan Satyalencana Kepariwisataan 2022.

Kunjungan tersebut dalam rangka verifikasi/peninjauan lapangan usulan Tanda Kehormatan Satyalancana Kepariwisataan Tahun 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atas nama Endang Suryaningsih dari Dinas Pariwisata Kabupaten Demak.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Demak Ali Makhsun, Sekdinparta Kurnia Zauharoh, Kepala BUMDes Tambakbulusan Musahadi dan Tim verifikasi yakni Dwi Daryanto, Andi Supriadi, dan Purnomo dari Setmilpres dan Adi M Rifai, Budi Susanti, Nastia Rini dari Kemenparekaf serta perwakilan Disporapar Provinsi Jateng Cahyo Danu Kumolo.

Calon penerima penghargaan Tanda Kehormatan Satya Lencana Kepariwisataan 2022, Endang Suryaningsih, di depan tim verifikator menyampaikan beberapa hal peran aktifnya turut memajukan pariwisata Demak bersama timnya seperti menulis buku jamu coro dan menggagas tentang Pendikar Restu Wali (pendidikan online dan rekreasi virtual Kota Wali).

“Hal yang sudah dilakukan di antaranya, menulis buku jamu coro, menggagas tentang Pendikar Restu Wali (pendidikan online dan rekreasi virtual Kota Wali), menulis buku rebana, pengelolaan homestay kangen Istambul level 3, bersama masyarakat membangun Desa Wisata Tambakbulusan,” paparnya, baru-baru ini.

Dari 12 desa wisata yang ada di Kabupaten Demak, lanjutnya, Desa Wisata Tambakbulusan menjadi desa wisata terbaik, memiliki desa pelangi, masuk paket wisata, dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar dengan mengurangi pengangguran dan meningkatnya kesejahteraan.

Desa Wisata Tambakbulusan dipilih dengan berbagai alasan, di antaranya yakni tempat tinggal yang nyaman, tren masyarakat yang guyup rukun.

Sementara, Wakil Bupati Ali Makhsun mengatakan, pihaknya memberikan dorongan kepada Dinas Pariwisata. Diharapkan adanya verifikasi dapat menggaungkan wisata di Demak.

“Yang pasti kami memberikan dorongan kepada Dinas Wisata Demak, dengan harapan adanya verifikasi ini dapat menggaungkan wisata yang ada di Demak,” pungkasnya.