Tiga Pasar Hewan di Batang Kembali Dibuka

Batang - Tiga pasar hewan di Kabupaten Batang resmi dibuka kembali setelah penutupan sementara selama 14 hari oleh Disperindagkop dan UMK Kabupaten Batang. Tiga pasar hewan tersebut adalah Pasar Hewan Batang (Sambong), Pasar Hewan Bandar dan Pasar Hewan Limpung. Ketiganya diliburkan sementara sedari 21 Mei hingga 3 Juni 2022.

“Hari ini kita membuka kembali tiga pasar hewan di Kabupaten Batang untuk beroperasi,” kata Kepala Disperindagkop dan UMK Kabupaten Batang saat ditemui di Pasar Hewan Limpung Kabupaten Batang, Sabtu (4/6).

Beroperasinya kembali pasar hewan, Disperindag dan UKM Batang sudah mendapat persetujuan dari Dislutkanak Batang.

“Kami juga menyiapkan tim kesehatan hewan setiap pasa, sehingga jika ada hewan yang akan masuk ke pasar hewan keliatan sakit atau tidak sehat langsung kita suruh pulang untuk mencegah dugaan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi.

Sebelumnya, lanjut dia, Disperindagkop dan UKM Batang sendiri mengambil langkah penutupan tiga pasar hewan ini setelah adanya peningkatan kasus PMK di Kabupaten Batang.

“PMK di Batang terjadi lantaran adanya penularan dari sapi yang berasal dari luar daerah,” ungkapnya.

Sementara itu, pedagang hewan, Narto mengatakan bahwa hari ini pertama kali berjualan kembali setelah dua pekan pasar ditutup karena kasus PMK.

Ia mengatakan, dampak dari adanya PMK masuk ke Kabupaten Batang harga kambingnya merosot turun.

"Hari ini saya menjual satu ekor kambing umur 1 tahun dengan harga Rp1.800.000 biasanya bisa dijual dengan harga Rp2.200.000," ujarnya.

“Meskipun begitu saya tetap bersyukur mata pencaharian saya sebagai pedagang hewan kembali dibuka, kemarin-kemarin waktu ditutup saya kesulitan mencari pemasukan untuk kebutuhan sehari-hari,” tandasnya.