Hari Sepeda Sedunia, Papitob Keliling Batang dan Bersihkan Pantai Sigandu

Batang - Paguyuban Pit Toea Batang (Papitob) melakukan sepeda berkeliling Kota Batang dalam rangka memperingati Hari Sepeda Sedunia yang diperingati setiap 3 Juni 2022.

Rute dimulai dari Alun-alun Batang, Jalan Ahmad Yani, Jalan Gajah Mada, Jalan Wahidin, Jalan Dr Sutomo, dan finis Pantai Sigandu.

“Hari ini adalah World Bicycle Day atau Hari Sepeda Sedunia dan Hari Lingkungan Hidup, tanggal 3 Juni kita merayakan, memperingati hari ini dengan bersepeda bersama Papitob dan bersih-bersih Pantai Sigandu,” kata Ketua Papitob Slamet Sugiarto saat ditemui usai bersepeda bersama di Pantai Sigandu, Kabupaten Batang, Minggu (5/6).

Dijelaskannya, kegiatan bersepeda ini,  ingin  mengenalkan sepeda tua atau sepeda ontel agar generasi muda saat ini tetap tertarik dengan keunikannya.

“Bersepeda juga upaya mempromosikan akan bersepeda pagi untuk mengurangi polusi udara yang menjadi penyebab besar efek global warming,” jelasnya.

Oleh karena itu, ia merasa perlu bersama-sama mengurangi masalah lingkungan itu dengan melakukan aksi di tingkat lokal.

Dalam Papitob, lanjut dia, juga tidak melarang kalau generasi muda yang ingin gabung bersama kita untuk melestarikan sepeda ontel ini.

“Kemudian, kita juga melakukan bersih-bersih Pantai Sigandu agar tempat wisata pantai di Kabupaten Batang indah dan terhindar dari sampah,” pungkasnya.