Pj Bupati Batang Lepas Kirab Obor Virtual PeSONAS 2022

Batang – Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki melepas kirab obor virtual dan ekspresi seni budaya Pekan Special Olympic Nasional (PeSONAS) 2022 di Pendopo Kabupaten Batang, Jumat (10/6).

Usai pelepasan obor, rombongan menuju ke Kabupaten Kendal. Sebelumnya, kegiatan PeSONAS di Kabupaten Batang diawali dengan penerimaan obor dari Kota Pekalongan.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, selamat datang di Kabupaten Batang kirab obor PeSONAS.

“PeSONAS merupakan pekan olahraga yang diselenggarakan untuk anak yang bertalenta khusus atau Disabilitas Intelektual,” jelasnya.

Kegiatan ini dipenuhi kebahagiaan keceriaan anak-anak yang mengalami disabilitas intelektual di Kabupaten Batang. Kegiatan ini juga sebagai upaya mendorong anak-anak berkebutuhan khusus atau insan bertalenta khusus bisa menjadi anak yang berprestasi dan mandiri.

“Kirab obor ini tujuannya untuk sosialisasi, kampanye dan edukasi publik tentang pentingnya membuka ruang inklusi bagi difabel intelektual,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Batang Yarsono menambahkan, hari ini kita menerima kirab obor PeSONAS yang dimana satu kegiatan menjelang pekan olahraga olympic nasional yang akan dilaksanakan di Kota Semarang.

“Obor ini akan selalu menyala dalam perjalanan dari daerah ke daerah. Hal ini bisa diartikan untuk menumbuh kembangkan anak yang mempunyai kebutuhan khusus bagi disabilitas,” tandasnya.

Kirab Obor melintasi 42 kabupaten dan oota yang apinya diambil api merapen dan nanti berakhir di Kota Semarang. Perlombaan yang digelar diantaranya lomba lari, basket, bulu tangkis, sepak bola, dan atletik, serta seni kreasi budaya.