Pramuka Batang Dilatih Kemandirian Sambut KITB

Batang – Menyambut kehadiran Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), seluruh elemen baik jajaran institusi pendidikan maupun organisasi kependidikan wajib mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM), salah satunya melalui Pramuka dengan mengikuti kegiatan Kemah Blok sejak 10-11 Juni 2022 untuk melatih kemandirian anggotanya.

Pembina Pramuka SMAN 2 Batang Alfiananda Niko mengatakan, seluruh teori yang disampaikan dan langsung dipraktikkan sangat relevan karena memupuk daya kreativitas, sehingga dalam diri mereka ada kesiapan mental ketika menghadapi tantangan di masa depan.

“Anak-anak akan memiliki semangat untuk mengembangkan diri, berkompetisi secara sportif,” katanya, saat ditemui di SMAN 2 Batang, Kabupaten Batang, Senin (13/6).

Ia menegaskan, kreativitas sangat dibutuhkan agar bisa menciptakan inovasi-inovasi baru, sehingga mampu bersaing dalam gempuran arus kemajuan industri.

Salah satu siswa, M. Azmi Pratama mengungkapkan, kegiatan kepramukaan sangat bermanfaat bagi masa depan anggotanya.

“Tidak hanya baris-berbaris dan tali-temali saja, tapi kreativitas juga dibutuhkan untuk mempersiapkan diri menyambut KITB,” jelasnya.

Anggota Pramuka memiliki kreativitas yang dapat dimanfaatkan ketika menghadapi persaingan.

“Kepramukaan juga bisa menelurkan ide-ide yang bisa menyelamatkan lingkungan sekaligus mendatangkan pundi-pundi rupiah. Contoh kreativitas mengolah barang-barang bekas yang didaur ulang hingga bermanfaat secara ekonomi dan lainnya,” pungkasnya.