Bupati Manggarai Barat Pimpin Apel Peringatan Harganas ke-27

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula memimpin upacara dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 tahun 2020.

"Pada tahun ini BKKBN bertekad untuk membangun cara dan semangat baru dalam membantu keluarga untuk mewujudkan keluarga yang berkualitas dengan mengambil tema sentral Harganas ke-27 yaitu "BKKBN Baru dengan Cara Baru dan Semangat Baru Hadir di Dalam Keluargamu"," ujar Agustinus di Labuan Bajo, Senin (29/6).

Ditambahkan melalui program Bangga Kencana harus bisa menjangkau seluruh keluarga Indonesia termasuk keluarga-keluarga yang mengalami kesuļitan terutama di wilayah miskin, padat penduduk, wilayah nelayan, kumuh dan daerah tertinggal lainnya.

"Ini dilakukan agar keluarga Indonesia yang tinggal di wilayah tersebut dapat merasakan manfaat kegiatan program Bangga Kencana," ujarnya.

Menurut Agustinus, meskipun berada dalam pandemi COVID-19, pelayanan program bantuan Bangga Kencana tetap hadir di keluarga dengan memberikan pelayanan terbaik sesuai siklus usia reproduksi dan pendekatan siklus kehidupan dengan tetap memperhatikan aspek protokol kesehatan pencegahannya.

Dalam strategi pembangunan nasional, BKKBN mempunyai peran pada dimensi pembangunan manusia maka harus turut berkontribusi dalam pelaksanaan revolusi mental melalui keluarga.

"Keluarga merupakan pilar pembangunan bangsa dan merupakan lingkungan yang pertama dan utama yang mempunyai peran penting untuk memenuhi kebutuhan asih, asah, dan asuh sebagai implementasi pelaksanaan fungsi keluarga," tegasnya.