Lepas Calhaj Pemalang Kloter 35, Bupati Agung Pesan Jaga Kesehatan

Pemalang - Pemkab Pemalang kembali memberangkatkan calon jemaah haji (calhaj) usai dua tahun vakum karena pandemi COVID-19. Calhaj kloter 35 embarkasi Donohudan Boyolali ini dilepas Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo didampingi Forkopimda setempat, di halaman pendopo kabupaten, Minggu (26/6).

Bupati Agung berpesan selama melaksanakan ibadah haji mereka dapat mengikuti petunjuk dan aturan dari para pembimbing baik pada saat pemberangkatan, transit sampai dengan pelaksanaan ibadah haji, serta selalu minta Izin dengan ketua rombongan dan ketua regu jika akan meninggalkan rombongan.

Berkaitan dengan kondisi suhu panas di Arab Saudi yang berkisar antara 40-44 derajat celcius, bupati meminta kepada jemaah calon haji supaya mereka senantiasa menjaga kesehatan selama mengikuti rangkaian pelaksanaan ibadah haji.

"Pastikan asupan gizi anda terpenuhi sehingga kondisi tubuh selalu fit dan prima," pesannya.

Bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu, bupati mengingatkan agar mereka selalu berkoordinasi dengan TKHD (Tim Kesehatan Haji Daerah) dan selalu membawa obat-obatan, suplemen maupun multivitamin jika diperlukan.

Sedangkan kepada TPHD (Tim Pembimbing Haji Daerah), bupati meminta mereka dapat melaksanakan tugas dengan ikhlas dan penuh rasa tanggung jawab untuk mendampingi dan memfasilitasi para jemaah selama melaksanakan ibadah haji sehingga ibadah yang mereka lakukan dapat berjalan sesuai dengan syarat dan rukun yang ada.

Sementara berkaitan dengan masa pandeni COVID-19 yang belum usai, pihaknya meminta agar seluruh jamaah calon haji asal Pemalang tetap waspada serta disiplin mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di sana.

"Semoga berjalan dengan lancar selamat sampai tujuan dan bisa kembali di Kabupaten Pemalang dalam keadaan sehat walafiat serta menjadi haji yang mabrur," harap Agung.

Sesuai jadwal, calhaj Pemalang terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 35 dengan jumlah 152 orang dan kloter 36 dengan jumlah 155 orang diberangkatkan dalam dua tahap. Tahap pertama kloter 35 diberangkatkan hari ini pukul 13.00 WIB dengan menggunakan empat armada bus ke Donohudan, sedangkan tahap kedua yaitu kloter 36, rencananya akan diberangkatkan besok pada Senin pukul 12.30 WIB.