Bupati Demak Patroli Pesisir, Tinjau Kondisi Mangrove Pasca Rob

Demak – Bupati Demak Eisti’anah melakukan patroli wilayah pesisir pohon mangrove dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Bonang hingga Pantai Morosari untuk menilik meninjau dampak gelombang rob yang memprihatinkan sekaligus memeriksa kondisi Mangrove, Rabu (29/6).

Kegiatan yang dipublikasikan lewat postingan Instagram pribadinya, Bupati Eisti’anah menaiki speed boat dari TPI Bonang hingga Pantai Morosar didampingi oleh Komandan Distrik Militer (Dandim) 0716/Demak Letnan Kolonel (Letkol) Czi Pribadi Setyo Pratomo, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (Dinputaru), serta kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Adapun ekosistem mangrove yang dikunjungi Bupati Eisti merupakan komunitas tumbuhan pesisir yang berperan sebagai daerah pemisahan jenis ikan tertentu, daerah asuhan ikan-ikan penting, penyedia nutrien dan zat hara penting, serta berfungsi menjaga daerah pesisir dari abrasi erosi, gelombang dan angin kencang.

Berdasarkan sejumlah temuan di lokasi, Bupati Esti’anah juga berharap pemerintah pusat dapat mendukung pengerjaan program tanggul laut untuk wilayah pesisir di Kabupaten Demak untuk mencegah rob.

“Dari temuan di lapangan nantinya melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruantg (DPUPR) Kabupaten Demak akan berkoordinasi dengan rekan-rekan di kementerian terkait,” pungkasnya.