Buka Festival Sriwijaya, Gubernur Sumsel Ajak Masyarakat Lestarikan Seni dan Budaya

Palembang - Gubernur Sumsel Sumatera Selatan Herman Deru bersama dengan bupati dan wali kota se-Sumsel, resmikan meresmikan Festival Sriwijaya XXX Tahun 2022.

HD, sapaan akrabnya berharap melalui festival ini generasi muda dan seluruh lapisan masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya Sumatera Selatan.

Herman mengatakan, dengan mengangkat tema "Kita Semua Adalah Sriwijaya, Kita Bangga Menjadi Sriwijaya", festival budaya terbesar di Sumatera Selatan yang berlangsung dari 29 hingga 6 Juli mendatang ini memiliki penuh makna dan harapan agar nama besar Sriwijaya tetap dijaga.

“Saya harap seluruh lapisan masyarakat dapat meneladani dan menerapkan nilai-nilai luhur yang diwariskan oleh penguasa Sriwijaya dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari bekerja keras, bertanggung jawab, jujur, produktif, hingga berkepribadian baik,” kata Herman, dalam sambutannya di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Kota Palembang. Rabu (29/6).

Selain itu, Herman menjelaskan, festival tersebut dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk melestarikan seni dan budaya di Sumatera Selatan, terutama pada sektor periwisata agar tetap dipertahankan dapat terus dikenalkan.

Berdasarkan laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, Festival Sriwijaya juga turut menggandeng wilayah taklukkan pada masanya diantaranya Jambi, Lampung, Bangka, hingga beberapa negara tetangga, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand dengan meriah dan menarik.