Kadisnaker: Banyaknya Investor Berkah Warga Pemalang

Pemalang – Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Pemalang Mohammad Sidik menyebutkan bahwa meningkatnya investor memberikan berkah lapangan kerja bagi warga lokal.

"Banyaknya perusahaan atau investasi yang masuk di Pemalang dapat menjadi berkah tersendiri bagi warga Kabupaten Pemalang karena banyak sekali yang membutuhkan tenaga kerja," ucap Mohammad Sidik pada program talkshow "Jelajah OPD" LPPL Radio Swara Widuri bersama Disnaker dengan tema "Penyerapan Tenaga Kerja dan Pelayanan di Disnaker", Selasa (5/7).

Sidik menyebutkan, untuk informasi lowongan masyarakat dapat melihat informasi lowongan pekerjaan pada kantor Disnaker ataupun melalui akun media sosial Disnaker.

"Bagi masyarakat yang berusia 18-30 atau 35 tahun sesuai persyaratan perusahaan, masih diperlukan banyak tenaga kerja, sehingga silahkan nanti bisa datang ke Disnaker untuk melihat lowongan kerja yang tertempel di depan kantor ataupun melalui media sosial," tambahnya.

Selain itu, ujarnya, Disnaker melalui bidang Penempatan Tenaga Kerja, Pelatihan dan Transmigrasi (Penta) juga memberikan pelatihan berwirausaha seperti membuat kue dan meracik kopi, Sidik mengatakan untuk wirausaha baru selain diberi pelatihan juga akan diberikan alat sesuai dengan program pelatihannya.

"Kami memiliki bidang Penta melalui program pelatihan wirausaha baru seperti pelatihan meracik kopi (Barista) dan melatih boga (memasak) membuat kue, sehingga, nantinya mereka dapat membuka usaha baru dengan dilengkapi alat dan bahan yang disediakan," tambahnya.

Disamping program Penta, Sidik menjelaskan, terdapat empat jurusan yang terdapat pada Balai Latihan Kerja (BLK) yakni menjahit, las listrik, boga, dan montir otomotif.

"Di BLK itu ada empat jurusan, yakni menjahit, las listrik, boga, dan montir otomotif, usianya adalah 18 - 35 Tahun, minimal ijazah SLTP, dan masa pelatihannya 1 bulan full, teori dulu baru prakteik, dengan cara mendaftar melalui online," paparnya.

Sebagai informasi, program "Jelajah OPD" merupakan program baru LPPL Swara Widuri yang bertujuan untuk menyebarluaskan informasi mengenai program kerja, progres kinerja dan inovas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Pemalang.

Melalui program tersebut masyarakat juga bisa berkomunikasi secara langsung melalui 87.7 FM dan streaming youtube Radio Swara Widuri satu pekan sekali setiap hari Selasa pukul 10.00-11.00 WIB dengan para kepala dinas atau badan, karena program ini bersifat interaktif.