DMI Batang Izinkan Salat Idul Adha Tanpa Jaga Jarak

Batang – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mengizinkan masjid dan musala menggelar salat Idul Adha 1443 Hijriah/2022 Masehi tanpa ada pembatasan jaga jarak.

Hal itu dikarenakan Kabupaten Batang sudah memasuki PPKM Level 1, artinya sangat aman dari penyebaran COVID-19.

Ketua DMI Batang KH. M. Saifudin Zuhri menyampaikan, meskipun DMI Pusat telah mengizinkan, namun jamaah tetap diminta menerapkan protokol kesehatan.

“Imam maupun khotib tetap memakai masker. Jamaah bisa melaksanakan salat Id dengan tanpa harus menjaga jarak,” katanya, saat ditemui, di Kantor Disperpuska Kabupaten Batang, Jumat (8/7).

DMI telah menyosialisasikannya agar umat segera melaksanakan salat berjamaah secara normal sehingga memperoleh keutamaannya.

“Keutamaannya akan diperoleh apabila kita bisa meluruskan dan merapatkan shaf atau barisan,” kata pria yang juga menjabat sebagai Takmir Masjid Agung Darul Muttaqin Batang,” jelasnya.

Ia menerangkan, saat ini karpet di Masjid Agung telah dipasang. Meskipun agak terlambat dibandingkan masjid lain yang telah lebih dahulu menerapkannya.

“Kami bukan mempermasalahkan dulu atau belakang, tapi petugas Masjid Agung memasang karpet dengan standar kesehatan,” terangnya.

Sebelumnya  seluruh karpet Masjid Agung digulung selama COVID-19 yang mewabah.

“Ternyata walaupun dua tahun disimpan, tapi ketika dibuka dan mau dipakai lagi, sudah banyak debu. Akhirnya kami bersihkan total, sehingga saat dipakai salat Id, aromanya harumnya masih tercium,” ungkapnya.

Nantinya akan ada 1.200 jamaah yang memadati seluruh ruangan baik lantai dasar maupun lantai dua saat salat Id digelar.

“Saat salat Jumat hanya 800 jamaah, sedangkan di masa COVID-19 jamaah yang salat dibatasi hanya 400 karena hanya di lantai dasar,” tuturnya.

Untuk menjaga kebersihan dan higienitas masjid, dalam sehari disemprot disinfektan sebanyak tiga kali.

“COVID-19 tidak bisa hilang, tapi kita sudah bisa bersahabat, seperti halnya dengan virus lainnya. Apalagi mayoritas warga sudah divaksin dosis 1, 2 bahkan sebagian ada yang divaksin booster,” tegasnya.

Ia menambahkan, di tahun 2022 Masehi atau 1443 Hijriah ada perbedaan Hari Raya Idul Adha.

“Saudara-saudara kita dari Muhammadiyah menetapkan pelaksanaan salat Idul Adha Sabtu, 9 Juli, sedangkan dari Kemenag RI menetapkan pada Minggu, 10 Juli,” terangnya.

Ia menegaskan, perbedaan pelaksanaan waktu salat Idul Adha itu sudah menjadi hal yang biasa karena Rasulullah pernah bersabda “Perbedaan di kalangan umatku itu jadikan sebagai rahmat”.