Bupati Pemalang Harap PRP Angkat UMKM dan Industri Kreatif

Pemalang - Pekan Raya Pemalang (PRP) diharapakan dapat mengangkat UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dan Industri Kreatif di Kabupaten Pemalang.

Hal ini disampaikan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat membuka Pekan Raya Pemalang tahun 2022 di Halaman Gedung Serba Guna, Jumat (8/7).

"Semoga ini akan mengangkat UMKM dan juga para industri kreatif yang ada di Kabupaten Pemalang," ucap bupati.

Selain untuk mengangkat UMKM dan Industri Kreatif, Bupati Agung juga menyampaikan bahwa Pekan Raya Pemalang ini juga bisa meningkatkan omset serta meningkatkan kemakmuran di Kabupaten Pemalang.

Disampaikannya lebih lanjut bahwa kegiatan PRP ini harus di-support semua pihak baik dari TNI, Polri dan pemerintah daerah, serta seluruh masyarakat karena kegiatan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat Pemalang.

Bupati Agung berpesan kepada semua yang ada di acara PRP tersebut, bahwa setelah kegiatan ini selesai jangan sampai banyak yang terpapar covid 19 karena diharapkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

"Minimal memakai masker untuk meminimalisir dan melindungi dari hal-hal yang tidak diinginkan," pesan bupati.

Bupati Agung juga berharap dengan kegiatan Pekan Raya Pemalang ini bisa mendukung program pembangunan Kabupaten Pemalang sesuai dengan misinya yaitu makmur, untuk kemakmuran masyarakat Pemalang.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Penyelenggara Pekan Raya Pemalang Rasdiyanti mengatakan bahwa Pekan Raya Pemalang turut mendukung meningkatkan pembangunan ekonomi pascapandemi COVID-19 selama dua tahun melanda di negeri ini.

Disampaikan lebih lanjut oleh Rasdiyanti, Pekan Raya Pemalang bukan lagi sekedar pasar malam biasa, tetapi lebih pada menjadi ajang pameran yang menyediakan barang-barang bermutu tinggi.

"Sesungguhnya perhelatan ini merupakan kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh banyak pihak, tidak hanya oleh warga Kabupaten Pemalang, tetapi juga berbagai kalangan baik di dalam maupun diluar Pemalang," ujar Rasdiyanti.

Rasdiyanti menjelaskan bahwa kegiatan ini selain sebagai ajang promosi produk, Pekan Raya Pemalang juga penting dari segi sosial budaya.

"Pekan Raya Pemalang diharapkan menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan budaya Pemalang kepada pengunjung dan dapat pula dimanfaatkan untuk memperkenalkan industri Pariwisata dan potensi Daerah kepada dunia luar," ujarnya.

Rasdiyanti menambahkan bahwa melalui Pekan Raya Pemalang (PRP), dunia industri juga akan termotivasi untuk senantiasa menghadirkan produk-produk yang kreatif dan dapat menumbuhkan munculnya bentuk-bentuk ekonomi kreatif bagi masyarakat Kabupaten Pemalang.

"Ekonomi kreatif dapat menjawab tantangan permasalahan jangka pendek dan menengah yang sedang dihadapi sekarang ini, seperti upaya untuk meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi, menyerap pengangguran, mengatasi angka kemiskinan, dan memacu meningkatkan daya saing Industri Indonesia," pungkasnya.

Pekan Raya Pemalang (PRP) tersebut dibuka mulai pukul 16.00 WIB sampai 22.00 WIB, selama 10 hari mulai 8-17 Juli 2022. Adapun jumlah UMKM yang berpartisipasi pada kegiatan ini sebanyak 96 stan dari seluruh Pemalang.