Jamaah Muhammadiyah Batang Shalat Idul Adha di Kecamatan

Batang - Warga Muhammadiyah Batang melaksanakan shalat Idul Adha 1443 H/2002 M dengan rasa syukur dan berbahagia karena tanpa ada batasan dan jarak.

Pelaksanaan shalat Idul Adha di Kabupaten Batang diselenggarakan di masing-masing kecamatan, di masjid maupun lokasi terbuka, diantaranya Kecamatan Batang, terdiri dari Masjid Bustanul Jannah, parkir timur Hotel Sendang Sari, lapangan Komplek  SDN Karangasem Utara, Lapangan Dracik Kampus, halaman GOR Sarengat, Plataran Perum Vila Saputra Raya Pasekaran dengan jamaah tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Terkait penyembelihan hewan kurban, Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengimbau agar  hewan kurban dikonversi berupa dana yang disalurkan melalui LAZISMU untuk didistribusikan kepada masyarakat yang lebih membutuhkan. Namun juga ada yang dikelola sendiri di masing-masing masjid dan musala untuk dilakukan penyembelihan,” kata Sekretaris PD Muhammadiyah Batang Suwanto, saat dihubungi, Sabtu (9/7).

Ia menerangkan, dana konversi hewan kurban Muhammadiyah Batang yang disetor ke LAZISMU Jawa Tengah sebesar Rp105 juta.

“Jumlah hewan kurban belum semua PCM melaporkan namun untuk PCM Tersono ada 76 ekor sapi dan kambing, jumlahnya tidak terhitung. Pelaksanaan penyembelihan kurban bervariasi. Ada yang dilakukan hari ini (9/7), maupun Minggu (10/7), sampai hari Tasyrik berakhir,” jelasnya.

Ia menjelaskan, ibaadah kurban adalah Ibadah yang menitikberatkan pada nilai ketakwaan kepada Allah SWT dan harus diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

“Darah maupun daging kurban tidak bisa sampai kepada Allah, melainkan ketakwaannyalah yang sampai kepada-NYA. Semoga melalui Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, seluruh warga Muhammadiyah tetap menunjukkan eksistensinya sesuai koridornya, yang menegakkan agama Islam, sehingga tercipta masyarakat Islam yang sebenarnya,” pungkasnya.