Pemkab Demak Terima Penghargaan MURI Pawai Delman Terbanyak

Demak – Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Demak, Jawa Tengah, sebagai Pemrakarsa Pawai Delman Terbanyak dengan diikuti 137 delman dan 2 kereta kencana, dalam iring-iringan prajurit patang puluhan, Minggu (10/7).

Bupati Demak Eisti’anah  menerima piagam penghargaan Pemrakarsa dan Penyelenggara Pawai Delman Terbanyak dari MURI, sekaligus menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Pemkab Bogor, Jawa Barat, sebanyak 123 delman.

“Bukan kali pertama Kabupaten Demak mencatatkan prestasinya di MURI, karena sebelumnya kami telah mencatat beberapa rekor yang pernah dicapai, di antaranya adalah kerja bakti membersihkan sungai terpanjang pada 5 Februari 2006, Festival Kuda Kepang terlama 36 jam pada 6 Desember 2009," sebut perwakilan MURI.

“Selain itu, ada ruwatan dengan peserta terbanyak pada Desember 2012, membersihkan sungai dengan peserta terbanyak 27.000 orang pada Juni 2014 dan khatam Al-Quran dan terjemahannya dengan peserta terbanyak 11.983 orang pada Oktober 2018," lanjutnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini menyampaikan bahwa kegiatan grebeg besar dengan iring-iringan prajurit patangpuluhan sudah dua tahun tidak dilakukan, dan untuk tahun ini Pemkab Demak ingin agar perayaan grebeg besar bisa meriah, semarak dan akbar.

“Seperti kita ketahui bahwa dokar adalah salah satu transportasi tradisional yang pernah jaya pada jamannya. Pada tahun ini kita bisa memecahkan rekor MURI dengan 137 delman dan 2 kereta kencana. Tentunya kita berharap untuk selanjutnya bisa memecahkan rekor MURI yang lain," pungkasnya.