Co-working Space di Solo Technopark Siap Cetak Wirausahawan Unggul

Solo – Pernah mendengar kata tentang Co-working space? Kata ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kaum milenial. Karena kata ini merujuk pada tempat yang sering digunakan sebagai pengganti ruang kerja. Sekarang di Solo Technopark (STP) telah hadir berbagai macam co-working space yang bisa digunakan. Salah satunya adalah Co-working space dari bank Mandiri yang bernama Mandiri Digipreneur Hub (MDH).

Co-working space ini dibangun dengan tujuan untuk menciptakan generasi muda yang terampil, adaptif serta melek digital.

“Selain itu, kita juga berniat untuk menciptakan 5.000 entrepreneur muda yang nantinya akan menyokong perekonomian di Kota Solo,” ungkap Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, saat ditemui baru-baru ini.

Mengusung konsep ruang kerja terbuka, MDH ini didesain menjadi tempat inkubasi, pelatihan dan sosialisasi digital melalui aktivitas podcast terkait kewirausahaan bagi UMKM dan wirausaha digital milenial.

Co-working space ini bisa diakses oleh masyarakat umum secara gratis. Tempat ini bisa digunakan untuk individu maupun kelompok yang memiliki usaha berbasis UMKM.

MDH menempati area lebih dari 100 meter persegi di lantai satu STP dan memiliki beberapa fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang.

Fasilitas itu diantaranya meeting area, podcast studio, ruang kelas, serta sudut UMKM dan sitting area di ruang terbuka. Di sini juga tersedia fasilitas wifi gratis yang bisa diakses oleh setiap pengunjung yang datang.

MDH dibangun dengan harapan dapat menjadi lokasi pilihan utama para penggiat digital maupun pelaku UMKM untuk menjalin sebuah kolaborasi untuk menggarap peluang usaha ataupun hanya untuk sekedar berdiskusi.

MDH juga dimaksudkan membina UMKM dalam hal memasarkan produk, mengemas produk, serta untuk memperoleh akses dalam mengembangkan usaha.

“Kami juga ada ruang Podcast. Bisa jadi alat promosi agar produk yang dijual semakin laris. Bisa mengundang artis-artis beken dan lokal, diajak me-review produk milik pelaku UMKM. Supaya nanti yang nonton lebih banyak dan barangnya semakin laris,” ungkap Direktur Hubungan Kelembagaan Bank Mandiri Rohan Hafas.

Co-working space juga bisa digunakan oleh anak milenial ketika sedang mengerjakan tugas kuliah/sekolah. Bahkan tak jarang para milenial menggunakan tempat ini untuk bekerja bersama untuk menghasilkan sebuah karya.

Pada intinya co-working space adalah tempat atau ruangan yang digunakan untuk bekerja baik antar individu maupun perusahaan yang masih berskala kecil atau UMKM.

Co-working space sendiri mengedepankan konsep sharing atau berbagi. Dalam satu ruangan tersebut terdapat berbagai individu maupun kelompok, komunitas dan perusahaan.