Gibran: Solo Siap Jadi Tuan Rumah ASEAN Para Games 2022

Solo – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menegaskan Solo siap menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang akan digelar 26 Juli - 6 Agustus.

"Untuk menyukseskan event olahraga bagi kaum disabilitas ini, dibutuhkan 200 sukarelawan. Proses pendaftaran akan dilakukan secara online dan akan ada informasi lebih lanjut," kata Gibran Rakabuming Raka di Solo, Rabu (13/7).

Gibran juga mendorong anak-anak muda di Kota Solo yang mempunyai kualitas dan memiliki kemampuan berbahasa inggris dengan baik untuk ikut berperan menyukseskan acara ini.

“Seluruh kebutuhan dalam mendukung keberhasilan ASEAN Para Games 2022 telah dipersiapkan pemerintah dengan matang. Diharapkan, event internasional ini dapat menjadi wadah para penyandang disabilitas untuk terus berkarya dan berprestasi,” ucapnya.

Selain itu, terangnya, pemilihan sejumlah venue yang menjadi lokasi ikonik di Kota Solo, dapat menjadi kesempatan untuk menunjukan destinasi wisata olahraga unggulan, diantaranya Surakarta, Karanganyar, Semarang dan Sukoharjo.

Dari keempat lokasi tersebut, telah dibagi beberapa venue untuk keempatbelas cabang olahraga yang berbeda antara lain Stadion Manahan, Tennis Court Manahan, Paragon Hotel, Edutorium UMS, GOR FKOR UNS, Stadion UNS, GOR UNS Kentingan, GOR SRITEX Arena, Lapangan Kota Barat, Tirtonadi Sport Hall, Tirtonadi Convention Hall, GOR UTP Karanganyar, LORIN Dwangsa, dan Stadion Jati Diri Semarang.

Gibran menjelaskan, untuk Para Atletik akan digelar di Stadion Manahan. Lokasinya ada di Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Manahan, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta. Kemudian, cabang olahraga para swimming, akan ditempatkan di Stadion Jati Diri, tepatnya Karangrejo, Gajah Mungkur, Kota Semarang.

Sedangkan, tambah putra Presiden Joko Widodo itu, Paragon Hotel yang terletak di Jalan Dr. Sutomo, Mangkubumen, Banjarsari, Kota Surakarta akan dijadikan tempat untuk cabang olahraga para power lifting.

“Lalu, kompetisi Para Catur akan dilaksanakan di LORIN Dwangsa, yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto No.47, Kenaiban, Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar. Untuk cabang olahraga goalball, bertempat di Gedung Olahraga Universitas Sebelas Maret (UNS) lokasinya ada di Jalan Ir. Sutami Nomor 36 Kentingan, Jebres, Surakarta,” jelas Gibran.

Sementara itu, wheelchair tenis digelar di Tennis Court yang letaknya berada di kawasan Stadion Manahan. Untuk cabang olahraga para badminton, digelar di Edutorium KH. Ahmad Dahlan milik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Selanjutnya, cabang boccia di GOR FKOR UNS Solo, blind judo di Tirtonadi Convention Hall, tenis meja di Tirtonadi Sport Hall, wheelchair basketball di GOR Sritex Arena, Para Panahan di Lapangan Kota Barat, Sitting Volleyball di GOR UTP Karanganyar, serta CP Football di Stadion UNS Solo.