Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemkab Pemalang Siap Dukung UMKM

Pemalang – Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo mendorong perangkat daerah setempat untuk mendukung dan memfasilitasi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) demi meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Ya, kami akan melaksanakan di daerah, dan harapannya ini akan menggairahkan UMKM yang ada di Pemalang dan akan meningkatkan ekonomi masyarakat," ucap Agung.

Hal ini selaras dengan apa yang menjadi harapan dari Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen untuk segera menindaklanjuti Intruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil (UMK), dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

"Bahwa ini sesuai Inpres, Perda atau Pergub dan yang lain sudah menginstruksikan bahwa 40% anggaran harus dialokasikan untuk pembelian pengadaan barang atau jasa dari dalam negeri. Dan ini menjadi sebuah tantangan bagi kita," ujar Yasin, dalam Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) Provinsi Jawa Tengah di Pekalongan, Rabu (13/7).

Agung menyatakan, sangat sepakat dengan yang disampaikan Yasin, dan pihaknya akan memantau dan mengarahkan perangkat daerah Kabupaten Pemalang untuk mengalokasikan anggaran sebesar 40 persen untuk produk UMKM.

"Tadi yang disampaikan pak wagub 40 persn harus produk dalam negeri. Selain itu, di Kabupaten Pemalang juga ada kearifan lokal sehingga kami akan mendorong supaya kegiatan tersebut berjalan baik dan lancar," pungkasnya.

 

snya. (Ddg)