Pemkot Tomohon Sosialisasi Pengelolaan Informasi Adminduk dan Launching SI HEBAT

Tomohon –Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon menggelar Rapat Koordinasi terkait pengelolaan informasi Administrasi Kependudukan (Adminduk) dan sosialisasi peluncuran SI HEBAT (Sistem Informasi e-Government Berbasis Data Kependudukan), di GOR Babe Palar Tomohon, Rabu (13/7).

Pada kegiatan tersebut, Wali Kota Tomohon Caroll Joram Azarias Senduk, Sekretaris Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Keluarga Berencana Wendy Karwur, serta Kepala Disdukcapil memukul tetengkoren tanda diluncurkannya aplikasi SI HEBAT serta Pengembangan SLOATH-CSWL.

“Kegiatan ini merupakan forum yang tepat dan strategis, terlebih bila dihubungkan dengan e-government dan otonomi daerah, di mana pemerintah berkomitmen menerapkan perubahan terhadap efisiensi, efektifitas dan transparansi dengan memberikan pelayanan secara elektronik berbasis perwujudan tata pemerintahan yang baik,” ungkap Caroll, dalam sambutannya.

Adapun, menurut Caroll, pelaksanaan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) adalah upaya modernisasi pelayanan publik mengadopsi teknologi digital. Oleh karena itu, kependudukan dan pencatatan sipil sebagai instrumen identifikasi, verifikasi dan validasi data individu dalam berbagai pelayanan menjadi garda aktif dalam mengintegrasikan satu data Indonesia.

Selain itu, peluncuran aplikasi SI HEBAT melibatkan kepala lingkungan dalam mendata nomor induk kependudukan (NIK) penduduk di wilayah masing-masing sesuai dengan kebutuhan dari penduduk, seperti bantuan sosial, ketenagakerjaan, kepemilikan rumah/tanah/mobil/motor, pajak, dll.

Pada kegiatan yang turut mengundang Direktur Pemanfaatan Data Direktorat Jenderal Dukcapil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri) sekaligus Koordinator Wilayah 4 Sulawesi Adjrun Rahmad, Pemkot juga melakukan penyerahan simbolis Kartu Tanda Identitas Anak kepada perwakilan anak-anak dari lima kecamatan.