Bupati Pemalang Harap Kontes Ebeg Dukung Program "Dewi"

Pemalang - Kontes Pagelaran Ebeg diharapkan dapat mendukung implementasi program Dewi (Desa Wisata) yang menjadi program unggulan di Kabupaten Pemalang.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo saat membuka Kontes Pagelaran Ebeg dalam rangka promosi Kawasan Wisata Sarangdana di Desa Pulosari, Kecamatan Pulosari, Sabtu (16/7).

Bupati mengatakan bahwa selain diharapkan menjadi program unggulan Kabupaten Pemalang dalam Desa Wisata, kontes Pagelaran Ebeg ini juga dapat mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan UMKM di kawasan wisata maupun para pelaku seni budaya terutama grup-grup ebeg di Kecamatan Pulosari.

"Kegiatan ini dapat menjadi salah satu terobosan dalam upaya melestarikan budaya dan perkembangan teknologi informasi yang saat ini mempengaruhi minat masyarakat terhadap pertunjukan seni," harap bupati.

Lanjut Bupati Agung menyampaikan, agar eksistensi Kawasan Wisata Sarangdana Desa Pulosari ini dapat semakin dikenal, maka perlu dukungan dari berbagai pihak untuk mendukung upaya promosinya.

"Pengelola kawasan wisata dapat menjalin kerjasama dengan Pemda, Pemdes, Para Seniman, maupun penggiat sosial media untuk memperluas promosinya dengan memanfaatkan teknologi digital," harapnya.

Diakhir sambutannya, Bupati Agung berharap kontes Pagelaran Ebeg ini dapat menjadi sarana bagi grup-grup Ebeg untuk menampilkan kreatifitas dan kemampuan terbaiknya menarik minat masyarakat.

Sementara itu, Ketua Penyelenggara Aris Pranoto menyampaikan kontes Pagelaran Ebeg ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya ebeg dan berusaha untuk menampilkan pagelaran-pagelaran budaya tersebut sehingga nanti bisa menemukan yang lebih baik.

"Selaku penyelenggara berkomitmen untuk melaksanakan kontes dan mudah-mudahan nanti kedepan akan lebih sukses dan bisa bermanfaat bagi para pemenang," ujar Aris Pranoto. Selain itu, Aris menjelaskan tujuan diadakan kontes kuda kepang ini yaitu untuk mempromosikan wisata edukasi seni dan budaya TuranggaSeta Sarangdana.

Diketahui, sebanyak 15 grup Ebeg se Kecamatan Pulosari mengikuti Kontes Pagelaran Ebeg di Kawasan Wisata Sarangdana tersebut.