Pemkot Kediri-DP3AK Jatim Gelar Pembinaan Produktivitas Usaha

Kediri – Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Pengembangan Produktivitas Usaha, di Ruang Pertemuan DP3AK setempat, Selasa (19/7).

Kegiatan ini merupakan agenda dalam rangka meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kemandirian ekonomi, ketahanan dan kesejahteraan bagi perempuan korban kekerasan, serta memberikan motivasi bagi ibu-ibu Kota Kediri agar berpartisipasi dalam pembangunan dan menjadi perempuan hebat yang melahirkan generasi yang hebat pula.

“Sebagai tulang punggung keluarga, para peserta diharapkan dapat menambah penghasilan sehingga kebutuhan keluarga dapat tercukupi dan meminimalisasi adanya kekerasan,” jelas Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Sumedi.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan DP3AK Provinsi Jatim Ida Tri Wulandari mengungkapkan, pada kegiatan itu akan dilakukan pemonitoran untuk mengevaluasi hasil pelatihan.

“Upaya ini untuk menumbuh kembangkan potensi panjenengan. Meskipun di kehidupan sehari-hari sudah punya usaha, tapi kalau punya inovasi atau potensi lain otomatis kebutuhan keluarga juga bisa terpenuhi. Nanti kita pantau sejauh mana keberhasilannya dan jika ada pelatihan lain yang dibutuhkan peserta kita juga siap memfasilitasi,” ujarnya.

Ida juga Sumadi menyebut, penurunan kasus kekerasan baik perempuan dan anak di mana menurut data DP3AP2KB hanya ada dua, sementara data Simfoni PPA (Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak) periode Januari-Juni, terdapat 14 kasus di Jawa Timur membuktikan komitmen Pemkot dalam kesejahteraan dan perlindungan masyarakat.

Pada proses pelatihan, 40 peserta dibekali pengetahuan tentang merias wajah oleh Tarlan Adhis Wibowo pemilik kursus rias wajah yang menggandeng Joe MUA dari Sidoarjo sebagai pelatih. Selain teori, peserta juga diberikan 1 set peralatan merias yang bisa digunakan untuk praktik langsung.