Peringati Harganas, DP3AP2KB Batang Resmikan Program "Dahsyat"

Batang - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Batang meresmikan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dahsyat) dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-29 dan Hari Anak Nasional tahun 2022 di Pendopo Kabupaten Batang, Rabu (27/7).

Kegiatan ini diresmikan langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki, dihadiri Forkopimda dan seluruh petugas Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) Se-Kabupaten Batang.

Pj Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, dalam rangka memperingati Harganas Ke-29 ini kita mengadopsi sejarah pejuang kemerdekaan kembali pulang kepada keluarganya pada tanggal 29 Juni 1949.

“Pada hari yang sama gerakan keluarga berencana nasional dimulai dari sini muncul kesadaran pembangunan yang difokuskan pada keluarga kecil yang bahagia,” jelasnya.

Tema Harganas Ke-29 adalah “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting”. Harganas menjadi ajang sosialisasi kepada keluarga untuk membantu percepatan penurunan stunting.

Karena itu, lajut dia, keluarga adalah tonggak pertama yang harus bisa mencegah terjadinya stunting. Melalui pencegahan sejak sebelum perkawinan, sampai 1.000 hari fase kehidupan.

“Salah satu untuk mencegah stunting ini dengan memberikan program makanan tambahan yang selama ini sering lupa dilakukan untuk ibu hamil dan Balita,” tegasnya.

Maka dari itu, Pemkab Batang melalui DP3AP2KB meresmikan Dahsyat sebagai program pemberian makanan protein dan bergizi pada ibu hamil dan anak.

“Makanan yang berprotein dan bergizi sangat bermanfaat salah satunya menambahkan gizi yang berfungsi untuk pertumbuhan karbohidrat dan lemak. Selain itu untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mempertahankan masa otot,” terangnya.

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Batang Supriyono menambahkan,  dalam rangka memperingati Harganas ke-29 dan juga bertepatan Hari Anak Nasional tahun 2022 ini sebagai ajang sosialisasi fungsi keluarga untuk memperkuat ketahanan nasional.

“Selanjutnya, untuk meresmikan program pencegahan stunting yaitu Dahsyat untuk memenuhi makanan yang dikonsumsi ibu hamil dan Balita,” ungkapnya.

Pentingnya makanan sehat yang dikonsumsi karena masa pertumbuhan terpesat manusia adalah di 1.000 Hari Pertama Kehidupan, yang dimulai sejak masa kehamilan hingga anak berusia 2 tahun.

Pada usia 0-2 tahun pertumbuhan fisik dan kognitif sangat signifikan, Jika di masa ini pertumbuhan terganggu, otomatis perkembangan kongitifnya terganggu karena pertumbuhan otak tidak maksimal.

“Program Dahsyat ini akan di sosialisasikan ke seluruh masyarakat Kabupaten Batang sebagai edukasi bagaimana bagusnya memberikan makanan tambahan kepada ibu hamil dam Balita agar tidak mengalami stunting,” pungkasnya.