Teken MoU dengan Dua RS, Dispendukcapil Kota Kediri Permudah Layanan Melalui Program 3 In 1

Kediri - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil (Dispendukcapil) menandatangani nota kesepahaman dengan RSUD Gambiran dan Rumah Sakit Umum Ratih, Jumat (29/7). Nota kesepahaman tersebut berisi perjanjian kerjasama pelayanan dokumen kependudukan 3 in 1.

Dengan program ini, masyarakat Kota Kediri khususnya ibu yang melahirkan di rumah sakit yang telah bekerjasama dengan Dispendukcapil bisa langsung membawa pulang dokumen kependudukan seperti Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak yang baru lahir.

“Program ini gratis untuk masyarakat Kota Kediri, jadi dengan program 3 in 1 nanti dokumen yang bisa langsung diserahkan untuk masyarakat saat melahirkan di rumah sakit yaitu Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Kartu Identitas Anak. Dispendukcapil terbuka bagi siapa saja yang ingin bekerjasama, baik itu rumah sakit umum daerah, rumah sakit swasta, klinik, bahkan mungkin ada bidan praktik yang mandiri juga bisa,” ujar Syamsul Bahri selaku Kepala Dispendukcapil Kota Kediri.

Samsul menambahkan, program ini sudah dirintis beberapa saat lalu. Sebelumnya, sudah ada salah satu rumah sakit yang juga telah mengajukan kerjasama. Ia melanjutkan, hal ini juga sebagai ikhtiyar dalam upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat Kota Kediri.

“Intinya tujuan kita hanya satu yakni ingin memberikan pelayanan yang lebih mudah, lebih cepat, lebih tepat dan bisa membahagiakan masyarakat. Insha Allah tim yang sudah berjalan tinggal sinkronisasi sehingga apa yang kita rencanakan bisa berjalan sesuai dengan harapan,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Gambiran dr Aditya Bagus Djatmiko mengatakan, dirinya menyambut gembira program 3 in 1 yang dicetuskan Dispendukcapil tersebut. Menurutnya, program tersebut bisa bisa menambah value bagi rumah sakit sekaligus sejalan dengan program Walikota Kediri bahwa pelayanan kepada masyarakat harus sinkron, cepat, dan tidak memakai birokrasi yang berbelit-belit.

“Saya bahagia saat mengetahui dari Dispendukcapil Kota Kediri punya program untuk para ibu yang melahirkan sehingga bisa langsung diberikan KIA, Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga. Terima kasih untuk Dispendukcapil Kota Kediri yang nanti akan membantu kami. Saya juga telah menyampaikan ke teman-teman dari RSUD Gambiran untuk proaktif. Semoga sinergi ini betul-betul memberikan peningkatan pelayanan untuk masyarakat,” harapnya.

Hal senada juga disampaikan Direktur Rumah Sakit Ratih dr Surinto. Melalui pertemuan tersebut Ia berharap bisa memberikan manfaat kepada masyarakat terutama untuk ibu-ibu hamil dan melahirkan.

“Permasalahan yang ditemui kadang masyarakat mengurus surat-surat bingung dan repot karena kehadiran buah hati. Untuk itu, saya sampaikan terima kasih untuk Pemkot Kediri yang sudah memberikan kesempatan. Mudah- mudahan bermanfaat bagi ibu-ibu yang melahirkan karena dengan pelayanan seperti ini masyarakat Kota Kediri akan merasa senang,” tandasnya.