Terima Audiensi BPD, Pj Bupati Harap Peran Bangun Muara Enim

Muara Enim - Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim Kurniawan menerima audiensi Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Muara Enim, di Balai Agung Serasan Sekundang Jumat (29/7) malam.

Dalam audiensi tersebut, Ketua BPD Muara Enim Zainuri menerangkan, BPD merupakan lembaga kemasyarakatan yang merupakan suatu perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa, yang mana juga merupakan sebuah parlemen di desa yang baru terbentuk pada masa otonomi daerah di indonesia.

Dijelaskan Zainuri, adapun maksud dan tujuan audiensi ini adalah terkait masalah kesejahteraan para anggota BPD meliputi tunjangan kinerja dan tunjangan jabatan.

Disamping itu, dirinya bersama jajaran BPD mengharapkan permasalahan simpang siur antara BPD dan perangkat desa tentang biaya operasional untuk segara dibentuk regulasi nominal yang jelas dan sudah ditetapkan oleh Pemkab Muara Enim agar kedepan BPD dan pihak perangkat desa dapat besinergi dengan lebih baik lagi.

Untuk itu, pihaknya mengharapkan dukungan dan kerjasama yang baik dari Pemerintah Kabupaten Muara Enim (Pemkab. Muara Enim) guna mewujudkan cita-cita tersebut dan sebaliknya, BPD Muara Enim siap bersinergi dan mendukung program pembangunan yang tertuang dalam visi dan misi #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat guna menciptakan kesejahteraan bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Muara Enim khususnya.

Menanggapi hal tersebut, Pj Bupati Muara Enim Kurniawan akan bersinergi degan Dinas Pemberdayaan Desa (Pemdes) untuk mencarikan regulasi yang tepat terkait permasalahan yang dialami oleh BPD.

“Saya sangat mengapresiasi sekali maksud dan tujuan dari audiensi BPD malam ini, kedepan akan kita carikan solusinya agar BPD tidak dipandang sebelah mata. Pasalnya suksesnya pembangunan di desa merupakan kesuksesan BPD selaku pengawas kepemerintahan yang ada di desa,” ucap Kurniawan.

Disamping itu, Pj Bupati yang didampingi Kaban Kesbangpol, Kadin Kominfo, Kadisnaker, Kadikbud, dan Kabag Prokopim Setda mengharapkan Pemerintah Desa dan BPD dapat saling mendukung satu sama lain dan menjadi mitra yang baik dalam membangun desa guna menyukseskan visi misi Kabupaten Muara Enim #MERAKYAT Muara Enim untuk Rakyat yang agamis, berdaya saing, mandiri, sehat dan sejahtera.