Pemkab Kupang Optimalkan Lahan Kosong untuk Pertanian

Kupang - Pemerintah Kabupaten Kupang akan mengirim petani untuk melakukan studi banding tentang cara menanam padi gogoranca di Pulau Rote, Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur, untuk mengoptimalkan lahan tidur yang belum dimanfaatkan sebagai area pertanian.

Bupati Kupang Korinus Masneo mengatakan, ribuan hektar lahan tidur di Kabupaten Kupang dapat dimanfaatkan sebagai persawahan tadah hujan seperti dilakukan petani di Pulau Rote yang mampu mendapatkan hasil panen padi yang melimpah pada musim penghujan.

" Ini terkait upaya pemerintah Kabupaten Kupang dalam mengoptimalkan lahan kosong guna meningkatkan kesejahteraan para petani," katanya, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang Pandapotan Sialagan mengungkapkan, rencana pengiriman petani ke Pulau Rote untuk belajar tentang mengolah lahan pertanian gogoranca dilakukan pada akhir tahun 2020.

"Kami sudah memiliki agenda untuk mengirim sejumlah kelompok petani ke Pulau Rote untuk belajar bagimana mengembangkan usaha pertanian gogoranca dengan menanam padi pada lahan kering, sehingga lahan pertanian yang belum diolah karena keterbatasan air bisa dioptimalkan pada musim hujan dengan sistem padi gogoranca," ujarnya.