Kontingen Jamnas Pramuka Diharapkan Bawa Nama Baik Pemalang

Pemalang - Sebanyak 16 peserta Jambore Nasional (Jamnas) Gerakan Pramuka kontingan Kabupaten Pemalang diharapkan dapat membawa dan menjaga nama baik Kabupaten Pemalang dan juga Provinsi Jawa Tengah selama mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI di Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur.

Hal itu disampaikan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo selaku Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Pemalanv dalam acara Pelepasan Kontingen Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Pendopo Kabupaten Pemalang, Rabu (10/8).

Agung menyampaikan bahwa kesempatan menjadi peserta Jamnas tidak datang dua kali karena event ini hanya dilaksanakan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam kurun waktu 5 tahun sekali.

"Manfaatkan kesempatan ini untuk menimba ilmu dan pengalaman berharga dan nantinya akan dikenang sepanjang masa," pesan Agung.

Agung juga berpesan selama Jamnas berlangsung, adik-adik peserta Jamnas untuk mewujudkan rasa syukur atas kesempatan ini dan menerapkannya dalam bentuk tanggung jawab, disiplin dan patuh pada arahan pembina pendamping serta tertib dalam segala hal.

Di akhir sambutannya, Bupati Agung kembali berpesan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan tunjukkan yang terbaik, kompak dan semangat.

"Jangan grogi, jangan loyo, Pemalang pasti mampu dan Jawa Tengah pasti bisa," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pemalang Sukarso melaporkan bahwa dasar pengiriman kontingen Jambore Nasional XI adalah program kerja Kwarcab Pemalang 2022-2027. Pelaksanaan Jambore Nasional ke XI Tahun 2022 dilaksanakan dari tanggal 14 sampai 21 Agustus di Bumi Perkemahan Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur.

Disampaikannya bahwa kontingen Kwartir Cabang Pemalang akan berangkat hari ini, Rabu, 10 Agustus 2022 karena tanggal 11-12 Agustus harus mengikuti gladi bersih atraksi keterampilan Pramuka yang akan ditampilkan pada upacara pembukaan Jambore Nasional dengan Pembina Upacara Presiden Joko Widodo.

Sukarso menjelaskan bahwa peserta Kontingen Jamnas XI tahun 2022 dari Kwarcab Pemalang berjumlah 18 orang terdiri dari 8 putra dan 8 putri kemudian 2 orang pembina pendamping.

"Jumlah peserta 16 ini diambil dari masing-masing Kwarran, kebetulan ada Kwarran yang diambil 2 orang, karena jumlah Kwarran se Kwarcab Pemalang ada 14 Kwaran," jelasnya.

Diketahui bahwa peserta Jamnas Pemalang ini termasuk dalam 17 Kwarcab se-Jawa Tengah yang mendapatkan kehormatan untuk menampilkan atraksi pada Upacara Pembukaan Jamnas di Graha Wisata Cibubur, Jakarta Timur.

Pelepasan tersebut ditandai dengan pemakaian topi dan jaket kontingen secara simbolis kepada dua peserta Jamnas oleh Mukti Agung didampingi Sukarso.