Pemkab Batang-BC Tegal Sosialisasi Gempur Rokok Ilegal Lewat Lomba Tari Kreasi

Batang – Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Batang bersama Bea dan Cukai (BC) Tegal melakukan sosialisasi gempur rokok ilegal melalui lomba tari kreasi daerah di Pendopo Kabupaten Batang, Kamis (11/8). Kegiatan ini memanfaatkan momentum peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Lomba tari kreasi daerah ini dipilih untuk mengembangkan kesenian dan kebudayaan di Batang, sekaligus mengembangkan minat dan bakat sebagai wadah penyalur aspirasi, serta pengembangan di bidang seni.

Kepala Disparpora Batang Yarsono menjelaskan, kegiatan sosialisasi melalui lomba tari kreasi  daerah Kabupaten Batang adalah inisiasi dari Kantor Pengawasasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal agar meningkatkan  lkewaspadaan peredaran barang kena cukai ilegal yang ada di Batang.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kewaspadan peredaran barang kena cukai ilegal yang ada di Batang, serta memberikan pengetahuan kepada peserta untuk dapat memberikan informasi yang berpotensi adanya pelanggaran terkait cukai ilegal yang yang ada di masyarakat, dan kemudian akan diolah menjadi bahan dan data awal dalam melaksanakan operasi bersama,” jelasnya.

Sementara itu, perwakilan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Tegal Muhammad Aflah Heriyudi mengatakan, peserta lomba diharapakan dapat menjadi agen di sekolah atau masyarakat untuk turut menyosialisasikan gempur rokok llegal.

“Di Kabupaten Batang termasuk jalur distribusi dan pemasaran rokok ilegal, kita sering mendapatkan informasi-informasi pengangkut yang membawa rokok ilegal. Kami sudah mendapatkan dua jutaan batang rokok dengan perkiraan nilai Rp2,3 miliar dan potensi nilai kerugian negara Rp1,5 miliar,” terangnya.