Sekda Buka Pelatihan "Born To Defence" Kelas Ke-8 di Solo Techno Park

Solo - Sekretaris Daerah Kota Surakarta Ahyani membuka Pelatihan Born To Defence Kelas Ke-8 di Solo Techno Park (STP), Rabu (10/8).

Pelatihan Born To Defence ini merupakan kolaborasi antara Diskominfo SP Kota Surakarta, Solo Techno Park, dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Dalam sambutannya, Ahyani menyatakan, pelatihan ini dapat dimanfaatkan untuk menjalankan tata kelola menajemen data dan domain digital pemerintah kota.

“Data yang dikelola pemkot harus dilindungi, walaupun manajemen pembangunan dilakukan secara transparan,” ucap Ahyani.

Ahyani juga menambahkan bahwa pelatihan ini juga dilaksanakan untuk melindungi infrastruktur informasi vital dari segala macam gangguan dan serangan pihak luar.

Sementara itu, Kapusbang SDM BSSN Dame Ria Munthe menyatakan bahwa pelatihan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengatasi insiden siber dan mengoptimalkan keamanan siber perangkat daerah.

“Untuk itu, penguatan kapasitas SDM dalam menangani insiden siber harus ditingkatkan dengan adanya pelatihan ini,” tambahnya.

Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari, mulai 10 – 12 Agustsus 2022. Pelatihan diikuti 40 peserta ASN Kecamatan, Kelurahan, Diskominfo SP, dan Diskominfo Provinsi Kalimantan Barat.

Peserta pelatihan dipilih dari unsur kecamatan dan kelurahan dengan maksud memberikan pengetahuan sekaligus meningkatkan keahlian peserta dalam menanggulangi insiden siber yang mungkin terjadi di wilayah.

Pembukaan pelatihan turut hadiri oleh Kepala Pusat Pengembangan (Kapusbang) SDM BSSN Dame Ria Munthe, Sekretaris Diskominfo SP Agung Hendratno, serta Pemimpin UPT Solo Technopark Yudit Cahyantoro.