Pemkab Brebes Studi Banding di MPP Batang

Batang - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batang menerima kunjungan kerja dari Pemerimtah Kabupaten Brebes.

Studi bunding itu dipimpin langsung oleh Asisten II Sekda Brebes, Tety Yuliana dan diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Sekda Batang Ari Yudianto di Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Batang, Jumat (12/8).

Asisten II Sekda Brebes Tety Yuliana menyampaikan, pihaknya datang di DPMPTSP Batang ingin mengadopsi MPP.

"Pembangunan gedung MPP Brebes sudah selesai. Oleh karena itu, kami ingin belajar terkiat kesiapan launching, kerjasama dengan instasi vertikal untuk membuka pelayanan di MPP Brebes," jelasnya.

Ia pun akan meniru MPP Kabupaten Batang, dari mulai sistem kerja pelayanan perizinan yang memiliki 330 layanan dari 24 instansi kementerian/lembaga, organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Jawa Tengah dan Kabupaten Batang.

“Ya kita akan amati, tiru, plek atau persis gitu aja, biar mudah karena MPP Brebes harus sudah segera di-launching,” ungkapnya.

MPP Brebes, lanjut dia, untuk sementara akan membuka 27 layanan perizinan, karena anggaranya belum maksimal.

“MPP Brebes sementara memprioritaskan untuk mempercepat layanan masyarakat. Nanti juga ada layanan vaksinasi booster karena capainnya masih rendah,” terangnya.

Sementara itu, Pj Sekda Batang Ari Yudianto mengatakan, MPP Kabupaten Batang sebagai wujud komitmen pemda untuk mempercepat layanan masyarakat, dalam mengurus semua dokumen maupun investor untuk perizinan dalam berinvestasi.

“MPP Batang di-launching pada tahun 2019, hingga sekarang sudah mengintegrasikan 330 layanan dari 24 instansi kementerian/lembaga, OPD Provinsi Jawa Tengah, BUMD dan BUMN dalam satu gedung di DPMPTSP,” jelasnya.

Ari juga mengatakan, MPP ini merupakan upaya Pemerintah daerah guna meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis smart city.

“MPP ini dapat memberikan kemudahan, kecepatan dan kenyamanan bagi seluruh masyarakat dan investor dalam mengurus berbagai perizinan di Kabupaten Batang,” ujar pungkasnya.