Wabup Pemalang Pimpin Upacara HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Pemalang – Puncak peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tingkat Kabupaten Pemalang ditandai dengan upacara pengibaran bendera Merah Putih di Alun-Alun Kabupaten Pemalang, Rabu (17/8). Wakil Bupati Pemalang Mansur Hidayat bertindak sebagai inspektur upacara.

Upacara berlangsung khidmat yang diikuti jajaran Forkopimda, seluruh kepala OPD jajaran Pemkab Pemalang, para pejabat di lingkungan Setda Pemalang, serta peserta dari unsur TNI, Polri, ASN dan lainya.

Dalam amanatnya, Wabup Mansur membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Diterangkan Mansur, peringatan kemerdekaan kali ini masih ramai sekali ceramah seorang yang melarang untuk berteman dengan orang dari agama lain.

"Ternyata kita belum selesai dengan urusan dapur sendiri. Sudah 77 tahun kita diajari bahwa negara memberi kebebasan kepada kita semua untuk memeluk agama masing-masing dan beribadah menurut kepercayaannya tersebut," terang Ganjar disampaikan wabup Pemalang.

"Lagi-lagi, kata kuncinya adalah Jasmerah Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Sejarah adalah tauladan lengkap, kaca benggala besar bagi kita untuk merumuskan dan menentukan sikap hari ini sekaligus menata cita untuk masa depan. Negara ini didirikan bukan untuk satu suku, bukan untuk satu ras, agama maupun golongan. Negara Kesatuan Republik Indonesia ini berdiri di atas kaki semua," kata wakil bupati.

Di akhir sambutan, Ganjar berterima kasih kepada seluruh masyarakat di Jawa Tengah yang selama ini tetep guyub rukun, saling ngajeni dan handarbeni. Maka sebarlah rasa itu ke mana saja dan kepada siapa saja agar meraih kemerdekaan yang sesungguhnya.

Pada akhir upacara peringatan HUT Proklamasi, secara simbolis Wakil Bupati menyerahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada sejumlah 13 orang ASN. Selanjutnya Wakil Bupati Mansur mengikuti upacara detik-detik Proklamasi di Istana Negara secara virtual dari Ruang Rapat Rumah Dinas Wakil Bupati.

Ditemui usai upacara, Wakil Bupati Mansur kembali mengajak segenap masyarakat untuk memaknai semangat kemerdekaan dengan bekerja keras untuk memajukan dan melayani masyarakat Pemalang seperti para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan RI.

"Harapan, untuk masyarakat Kabupaten Pemalang ini adalah momentum yang tepat untuk sama-sama membangun Pemalang dengan profesinya masing-masing dengan semangat dan cara yang benar," tegas Mansur.

Di Kabupaten Pemalang, rangkaian peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia dimulai sejak Senin (15/8). Diawali dengan pengukuhan Paskibraka, dan dilanjutkan Rapat Paripurna dengan agenda mendengarkan pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo. Malam harinya, digelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Jayana Sureng Yudha Penggarit.