Pemkab Aceh Barat Bersama Forkopimda Tanam 3.029 Mangrove di Sepanjang Pesisir Pantai

Meulaboh - Pemerintah Kabupaten Aceh Barat bersama Korem 012/TU dan Forkopimda menanam secara simbolis 300 pohon tanaman mangrove di sepanjang Pantai Batu Putih Meulaboh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh, Selasa (23/8).

Penanaman pohon Mangrove tersebut merupakan program yang digagas oleh Polda Aceh dalam mewujudkan Aceh Hijau (Aceh Green) yang dilaksanakan serentak di seluruh kabupaten/kota sebanyak 77.000 pohon mangrove, sedangkan di Kabupaten Aceh Barat sendiri akan ditanami mangrove sebanyak 3.029 pohon di sepanjang pesisir pantai.

Dalam kesempatan itu, Bupati Aceh Barat diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Nyak Na menyampaikan apresiasi penanaman pohon mangrove program Polda Aceh dalam rangka Aceh hijau (Aceh Green) memperingati HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Selaku Pemerintah daerah, pihaknya sangat berkomitmen dan mendukung penuh kegiatan aksi penanaman mangrove ini, sebagai upaya menjaga dan memelihara lingkungan, khususnya ekosistem pantai dari potensi ancaman abrasi, serta berbagai ancaman lainnya.

Menurut Nyak Na, mangrove merupakan salah satu ekosistem esensial yang dapat mengurangi abrasi pantai, banjir, dan mampu menjaga kualitas air pesisir, meningkatkan keanekaragaman hayati, serta menyediakan bahan-bahan alami yang menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat.

Oleh sebab itu, ujarnya, dengan adanya penanaman pohon mangrove yang dilakukan secara optimal pada kawasan pesisir pantai, akan sangat membantu dalam pemulihan kondisi iklim, menjaga keseimbangan lingkungan, serta turut mendukung terwujudnya program Aceh Hijau (Aceh Green).

"Solidaritas, kerjasama, dan kolaborasi dari semua unsur terkait merupakan kunci bagi kita dalam menjaga kelestarian lingkungan, khususnya ekosistem pantai," tambah Nyak Na.

Disamping itu, ia juga mengajak seluruh aktivis, LSM, para pegiat aksi kepedulian lingkungan, serta seluruh masyarakat untuk saling bahu membahu dalam menjaga kelestarian lingkungan khususnya di Aceh Barat, sehingga alam dan segala keindahannya dapat terus dinikmati hingga generasi yang akan datang.

Sementara itu, Kapolres Aceh Barat AKBP Pandji Santoso mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya yang di gagas oleh Polda Aceh untuk melestarikan, menjaga, serta menstabilkan daya tahan lingkungan dari abrasi dan rop di sepanjang pesisir Pantai Aceh.

"Untuk Aceh Barat kita akan menanam 3.029 pohon mangrove. Seedangkan hari ini secara simbolis kita tanam sebanyak 300 pohon di sepanjang pantai Batu Putih. Lalu, sisanya akan didistribusikan ke masing-masing Kecamatan di daerah pesisir untuk ditanami," tutur Pandji.

Untuk itu, ia sangat mengapresiasi semua pihak yang telah menyukseskan kegiatan Aceh hijau (Aceh green) ini guna menjadikan pantai di sepanjang pesisir Aceh khususnya Kabupaten Aceh Barat menjadi hijau demi manfaat yang lebih baik.

Kegiatan penanaman pohon mangrove di Kabupaten Aceh Barat tersebut turut di hadiri oleh Danrem 012/TU, Kolonel Inf Riyanto, Dandim 0105/Aceh Barat, Letkol Inf Dimar Bahtera, Kapolres Aceh Barat, AKBP Pandji Santoso, bersama unsur Forkopimda lainnya, serta di ikuti oleh seluruh unsur TNI/Polri, Kepala SKPK terkait, unsur Muspika Johan Pahlawan, aktivis, LSM, para pegiat aksi kepedulian lingkungan, dan masyarakat setempat.