Kabupaten Buton Dapat Bantuan APD dari Pemprov Sultra

Buton - Bupati Buton La Bakry menerima kunjungan anggota Pansus Pengawasan Pelaksanaan Penanggulangan Bencana Non Alam COVID-19 DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara di Aula Kantor Bupati Buton, Pasarwajo, Jumat (3/7).

Kunjungan ini dalam rangka koordinasi dan peninjauan langsung, sekaligus penyerahan bantuan kepada fasilitas kesehatan terdiri dari rumah sakit dan 14 puskesmas di Kabupaten Buton. Bantuan yang diserahkan berupa alat pelindung diri (APD), cairan dan alat penyemprot disinfektan, sabun cuci tangan dan sebagainya.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Ketua rombongan pansus DPRD Provinsi Sultra Suwandi Andi kepada bupati Buton dan langsung diserahkan secara simbolis kepada kepada perwakilan kepala puskesmas setempat.

Dalam sambutannya, Bupati Buton La Bakry menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada gubernur Sultra dan jajaran, serta pimpinan dan anggota DPRD yang sudah mencurahkan perhatian besar dengan memberikan banyak bantuan yang sangat dibutuhkan di masa pandemi COVID-19 ini.

Orang nomor satu di Buton ini berharap kepada rumah sakit dan puskesmas agar bantuan ini segera dimanfaatkan sebaik-baiknya, salah satunya melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah penduduk yang dilaporkan terkonfirmasi positif maupun yang ada riwayat kontak dengan pasien COVID-19.

"Saya mengimbau kepada semua pihak untuk tidak lengah, selalu waspada dan melakukan tindakan-tindakan preventif semaksimal mungkin untuk mencegah dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Kepada para kepala OPD terkait, khususnya kadis sosial untuk memverifikasi dan mensinkronisasi ulang data penerima bantuan di Kabupaten Buton agar bantuan yang diberikan tepat sasaran," tegasnya.

Sementara itu, Ketua rombongan Pansus Pengawasan Pelaksanaan Penanggulangan Bencana Non Alam COVID-19 DPRD Sultra Suwandi Andi mengatakan, pihak pansus berharap Satgas COVID-19 Buton dapat bekerja maksimal guna mencegah dan memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Selain itu, dirinya juga berharap agar pihak pemda maupun Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 dapat menyampaikan apa saja yang menjadi kebutuhan untuk diberikan bantuan.

"Karena masih ada banyak bantuan yang belum disalurkan oleh Pemerintah Provinsi Sultra, dan menunggu usulan dari masing-masing pemda berdasarkan kebutuhan saat ini," ungkapnya.

Acara tatap muka sekaligus penyerahan bantuan ini turut dihadiri Wakil Bupati Buton Iis Elianti,  asisten dan para kepala OPD, anggota Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Buton, dan para kepala puskesmas.