Plt Bupati Pemalang Apresiasi TMMD Sengkuyung Tahap II di Randudongkal

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat bersyukur pelaksanaan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0711/ Pemalang TA 2022 di Desa/Kecamatan Randudongkal dapat diselesaikan dengan tepat waktu dan hasilnya sesuai dengan spek sehingga bermanfaat bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Mas Mansur saat meninjau

hasil sasaran fisik TMMD berupa jalan penghubung antar desa di Randudongkal bersama Dandim 0711/ Pemalang, selaku Dansatgas TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Sengkuyung Tahap II Kodim 0711/ Pemalang TA 2022, Letkol Inf Roihan Hidayatullah, Rabu (22/8).

Sebelumnya, dalam upacara penutupan ops TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0711/Pemalang TA 2022, telah dilakukan penandatanganan naskah hasil program TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2022 antara Dandim 0711/ Pemalang, Letkol Inf Roihan Hidayatullah dengan Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat di lapangan desa setempat.

Dalam amanatnya, di upacara tersebut, Dandim 0711/ Pemalang, selaku Dansatgas TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim 0711/ Pemalang TA 2022, Letkol Inf Roihan Hidayatullah mengharapkan, Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2022 dapat dijadikan sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Selama satu bulan, kata dandim, para prajurit, pemuda dan masyarakat telah bahu membahu menyelesaikan program TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2022. Kebersamaan tersebut, tegas Dandim, merupakan sinergitas yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan bangsa, khususnya membantu pemerintah daerah dalam mempercepat pembangunan di wilayah. Terkait itu, Dandim selaku Komandan Satuan Tugas TMMD, menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dan elemen masyarakat yang telah membantu secara moril dan materil sehingga kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II tersebut dapat terselenggara dengan aman dan lancar

Sebelumnya, Pasiter selaku Sekretaris Satgas Ops. TMMD Sengkuyung Tahap II TA 2022, Kodim 0711/Pemalang, Kapten Inf Heri Purnomo melaporkan, kegiatan TMMD dengan anggaran dari APBD provinsi dan kabupaten, dilaksanakan selama 30 hari yaitu sejak 26 Juli - 24 Agustus 2022.

Untuk melaksanakan kegiatan fisik maupun non fisik, TMMD Sengkuyung Tahap II di Randudongkal melibatkan sebanyak 200 orang. Mereka terdiri dari Dansatgas dan staf Dansatgas, Tim Asistensi dan penyuluh yang didalamnya terdiri dari unsur Kodim 0711/Pemalang, Polres Pemalang dan Pemda Pemalang, Pasukan SSK, yang terdiri dari unsur Kodim 0711/Pemalang, Linmas/Hansip, Ormas serta aparat dari Dinasi/Instansi serta masyarakat.

Adapun hasil yang dicapai pada sasaran fisik antara lain, pembuatan jalan dan makadam dengan panjang 570 m. lebar 3,5 m. dan tebal 0,2 m. kemudian pembangunan talud 2 sisi. Untuk sisi A panjang 60 m. lebar 0,3 m. dan tinggi 0,7 m. Dan untuk sisi B. panjang 60 m. lebar 0,4 m. dan tinggi 2 m.

Masih dalam isi laporannya pasiter menyampaikan, manfaat dari hasil sasaran fisik adalah untuk meningkatkan sarana transportasi dan angkutan jalan, Memperlancar arus perekonomian dan mempercepat pemerataan pembangunan di wilayah Kabupaten Pemalang.

Sedangkan untuk sasaran non fisiknya meliputi penyuluhan hukum terpadu, Sosialisasi penerimaan prajurit TNI, Penyuluhan tentang stunting, Sosialisasi bencana alam, Sosialisasi tentang Undang-undang pernikahan, Penyuluhan tentang penyakit ternak PMK, Sosialisasi administrasi kependudukan dan perekaman data e-KTP dan pelayanan perpanjangan STNK.

Dari sasaran non fisik yang diwujudkan dalam kegiatan sosialisasi, penyuluhan serta layanan dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesadaran bela negara, meningkatkan kesadaran hukum dalam berbangsa dan bernegara, mencetak generasi muda yang berkualitas dengan menjahui narkoba dan miras, meningkatkan taraf hidup masyarakat dengan meningkatkan produksi pertanian, memperkokoh kemanunggalan TNI dengan rakyat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.