Bupati Manggarai Barat Resmikan Laboratorium TCM RSUD Komodo

Labuan Bajo - Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula meresmikan Laboratorium Tes Cepat Molekuler (TCM) dan Pelayanan Radiologi serta Unit Pelayanan Perawatan Intensif (ICU) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Komodo Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Terima kasih atas terselenggaranya acara peresmian tiga unit pelayanan kesehatan di RSUD Komodo ini," katanya di Labuan Bajo, Jumat (3/7).

Menurut Agustinus, penambahan tiga unit pelayanan ini menjadi modal utama dalam merubah cara pelayanan di RSUD Komodo dimana pendekatan pelayanan mesti dilakukan secara holistik atau menyeluruh dan utuh.

"Keberadaan rumah sakit di suatu kabupaten menjadi lambang kebesaran dan kebanggaan bagi daerah tersebut," ujarnya.

Agustinus menambahkan dengan stutus pariwisata daerah Kabupaten Manggarai yang premium, maka rumah sakit, SDM dan pelayananan juga harus premium.

"Kita berjuang bersama menjadikan rumah sakit ini menjadi rumah sakit pariwisata sehingga perlu ditingkatkan dari tipe D menjadi tipe C atau bila perlu tipe B atau tipe A. Ini karena pariwisata kita premium, rumah sakit harus premium, SDM harus premium, pelayanan harus premium," ujarnya.

Terkait Laboratorium TCM Bupati Gusti menjelaskan semula pemeriksaan dilakukan di Jakarta, kemudian mendekat ke Kupang dan saat ini ada di Labuan Bajo.

"Laboratorium TCM ini nantinya digunakan untuk pemeriksaan sample swab pasien COVID-19 baik di Kabupaten Manggarai Barat, Manggarai dan Manggarai Timur. Dengan demikian kendala kita selama kini teratasi dengan adanya Laboratorium TCM ini," tegasnya.

Hadir dalam acara tersebut, Plh. Sekda Ismail Surdi, Kepala Dinas Kesehatan Paulus Mami, Kepala BPKD Salfador Pinto, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Paulinus Pangul, Kabag Kesra Abdulah Nur, Kabag HumasPro Florianus R. Gampar, Dirut RSUD Komodo Melinda Gampar, Kabid Yankes Johan Yohans Wiliam dan para tenaga medis RSUD Komodo.

(Syarif ab)