Plt Bupati Pemalang Minta SDM PKH Ajari Warga Berjiwa Pemberi, Bukan Peminta

Pemalang - Sumber Daya Manusia (SDM) sebagai pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) diminta mampu memberikan edukasi kepada masyarakat agar memiliki jiwa pemberi, bukan memiliki jiwa peminta.

Harapan tersebut disampaikan oleh Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat, saat kegiatan Family Gathering SDM PKH Kabupaten Pemalang di Bukit Gambangan Desa Banyumudal, Kamis (25/8).

Harapan Mansur tersebut menyusul masih banyak ditemukan di lapangan yang menerima bantuan dari Kemensos tersebut ternyata orang mampu.

Untuk itu, pihaknya ingin mengajari kepada masyarakat agar tidak memiliki jiwa meminta - minta namun harus memiliki jiwa memberi.

"Kita harusnya malu jika kita mampu tapi tercatat di PKH. Panjenengan kepada masyarakat memberikan penyuluhan edukasi yg baik, agar kedepan kita memiliki jiwa memberi," pintanya.

Mansur bahkan menegaskan, pihaknya siap membantu pendamping PKH jika masih menemukan warga yang sudah tidak pantas menerima PKH namun masih mendapatkan bantuan.

"Laporkan jika memang warga tersebut sudah tidak pantas mendapatkan, tidak perlu takut lagi untuk SDM PKH saya siap membantu panjenengan," tegasnya.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Sosial KBPP Pemalang, Agus Wibowo menuturkan bahwa PKH ini merupakan program yang strategis.

"Tugas kita memproteksi masyarakat yang tidak mampu, masalah sosial dan kesehatan, seluruh masalah tadi masuk kedalam cakupan program PKH," tuturnya.

Di tempat yang sama Korwil PKH Jateng IV Ibnu Rouf, mengatakan tahun ini merupakan tahun transisi.

"Teman - teman mohon untuk kerja sesuai aturan tidak usah neko-neko, banyak perubahan yang ada, kita harus menjadi satu kesatuan yaitu SDM PKH Kabupaten Pemalang," ungkap Rouf

Kegiatan yang diselenggarakan di Bukit Gambangan yang dihadiri oleh 212 SDM PKH se-Kabupaten Pemalang ini merupakan agenda rutin guna memupuk tali silaturahmi dan menambah semangat kerja para SDM PKH.