Wabup Demak: Peran PAUD Penting untuk Perkembangan Anak

Demak – Pendidikan anak usia dini memegang peranan sangat penting dan menentukan bagi perkembangan anak selanjutnya, sebab menjadi fondasi dasar kepribadian anak. Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Demak Ali Makhsun dalam acara Semarak Pitulasan Himpaudi di halaman Setda, Kamis (1/9).

“Kita ketahui bersama anak yang mendapat pembinaan sejak usia dini memiliki harapan lebih besar untuk meraih keberhasilan di masa mendatang, yang pada akhirnya anak akan menjadi mandiri dan mengoptimalkan potensi yang dimiliki," kata Ali.

Oleh karena itu, ujarnya, pendidikan anak usia dini sebagai pendidikan dasar tidak bisa diabaikan, bahkan sebaliknya harus mendapat perhatian yang sungguh-sungguh

“Pada usia dini, utamanya pada usia 0-6 tahun, perkembangan fisik, mental dan spiritual anak akan mulai terbentuk. Kecerdasan anak usia dini dapat berkembang atas peranan guru PAUD," ungkapnya.

Melihat pentingnya peran para pendidik PAUD, jelasnya, pemerintah akan terus memperhatikan dan mendukung pengembangan lembaga PAUD, serta memperhatikan kesejahteraan guru PAUD.

Wakil Bupati Demak juga menyampaikan bahwa dengan adanya kegiatan hari ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mewujudkan generasi yang memiliki kecerdasan komprehensif, produktif dan inovatif.

“Saya berharap kepada seluruh anggota HIMPAUDI dapat terus menjadi tenaga pendidik yang tangguh, tekun, dan telaten dalam mengembangkan dunia pendidikan sehingga siap mensukseskan program pendidikan baik formal, non formal, maupun informal," pungkasnya.

Sementara itu, Lusianti mewakili seluruh pendidik kelompok bermain taman penitipan anak dan satuan paud yang tergabung dalam organisasi Himpaudi Kabupaten Demak menyampaikan bahwa dalam kegiatan hari ini telah hadir sebanyak 1.200 anggota.

“Yang berharap sangat agar kesetaraan kami, kesejahteraan kami benar - benar dipikirkan karena bila di tatanan nasional nasib kami masih abu - abu atau masih ter ombang-ambing,” harapnya.

“kepada siapa kami mengadu kalau bukan kepada bapak ibu sekalian yang hadir di hadapan kami. Sebab kami adalah bagian dari para pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini Kabupaten demak yang turut berperan aktif membangun Kabupaten Demak dengan cinta dan kasih sayang," tutupnya.