Pekan Raya Batang, Disparpora Pamerkan Beragam Produk Ekraf

Batang - Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Batang tidak hanya melingkupi kegiatan pariwisata, pemuda dan olahraga. Disparpora memiliki Bidang Ekonomi Kreatif (Ekraf) yang turut mendorong eksistensi ekonomi kreatif di Kabupaten Batang.

Dalam Pekan Raya Batang (PRB) tahun 2022 yang dibuka Rabu (31/8) malam, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dewi Rejeki mengapresiasi produk ekonomi kreatif yang dihadirkan di stan Disparpora.

Ia menyeruput segelas bajigur produk pelaku ekonomi kreatif subsektor kuliner dengan branding Ramu Jamu.

“Hari ini dalam PRB 2022, Disparpora tak hanya memamerkan seputar destinasi pariwisata, pemuda dan olahraga, tetapi menghadirkan produk dari para pelaku ekonomi kreatif salah satunya Gaharu. Untuk subsektor kuliner salah satunya yakni Ramu Jamu dari Kecamatan Bandar milik Ginanjar,“ kata Kepala Disparpora Batang Yarsono, saat ditemui di Kantornya, Kamis (1/9).

Produk ekonomi kreatif lainnya, yakni Nala Tea, teh yang dikemas dengan kemasan kekinian dan memiliki varian rasa. Selain itu, ada pula Subsektor Kriya, The Rayap hadir dengan produknya dari kayu dibuat hiasan-hiasan.

“Selain itu, ada juga komunitas petani Gaharu yang sedang berkembang di Kabupaten Batang. Komunitas itu turut serta meramaikan stan Disparpora Batang di Pekan Raya Batang. Jumlah petani Gaharu di Batang sudah mencapai 100-an,” jelasnya.

Potensi ekonomi pohon gaharu sangat tinggi. Pohon gaharu bisa menghasilkan berbagai produk ekonomi kreatif mulai dari tasbih, teh, kopi, sabun, craft, hingga dupa. Produk itu bisa dilihat di stan.

“Potensi konsumsi produk Gaharu hingga ke luar negeri. Produknya dibutuhkan berbagai negara timur tengah hingga Asia,” terangnya.

Untuk meningkatkan potensi ekonomi kreatif, saat ini komunitas Batang menggandeng tenaga ahli untuk mengolah kayu Gaharu menjadi berbagai produk tersebut.

Tidak hanya memamerkan produk, Komunitas Petani Gaharu Batang juga akan menggelar Talkshow bertema investasi Gaharu. Ahli produk gaharu asal Blitar akan mengisi langsung membahas budidaya hingga pemasaran.

“Mari masyarakat Batang dan sekitarnya ramaikan Pekan Raya Batang 2022 ini. Jangan lupa mampir ke stand kami di sebelah Timur ya,” tandasnya.