Kwarcab Batang Gelar Upacara Hari Pramuka ke-61, Dihadiri Pj Bupati

Batang - Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Batang menggelar upacara peringatan Hari Pramuka Ke-61 di Lapangan Bandar, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang, Sabtu (3/9/2022). Upacara ini diikuti lebih dari 800 peserta upacara.

Pada acara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki memberikan piagam penghargaan kepada adik-adik dari Bandar yang telah mengikuti pesta siaga di Jawa Tengah dan kebetulan mereka menjadi peserta yang paling aktif disana. Hal ini sebagai bukti kegiatan tambahan di luar pelajaran juga berdampak positif untuk anak-anak kita.

“Pembinaan pramuka dilakukan untuk memberikan semangat dan memotivasi adik-adik kita yang saat ini masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP),” kata Lani.

"Bahwa tantangan bagi para pembina saat ini adalah bagaimana menciptakan kegiatan dan latihan kepramukaan yang kreatif, inovatif serta disukai oleh anak-anak muda sesuai dengan jiwa dan semangat anak-anak muda," sambungnya.

Apalagi, ujar Lani, adanya kekurangan kepercayaan dari orangtua saat ini untuk melepaskan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan tambahan di sekolah.

“Sebagai tenaga pendidik, kakak-kakak diharapkan dapat memberikan suri tauladan, motivasi dan semangat serta pengetahuan kepramukaan di sekolah atau pangkalan kakak-kakak nantinya,” tegasnya.

Gerakan Pramuka Kabupaten Batang, ujarnya, dapat peka terhadap persoalan bangsa, peduli terhadap penderitaan sesama, cinta alam dan lingkungan, dan tidak berpangku tangan saat terjadi musibah.

“Saya berpesan kepada adik-adik Pramuka untuk selalu aktif dalam kegiatan kepramukaan, dalam rangka menyiapkan diri menyongsong masa depan dengan penuh rasa percaya diri. Kuatkan fisik dan mental untuk menjadi kader-kader bangsa yang mampu melindungi segenap bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Batang Retno Dwi Irianto mengatakan, dalam rangka Peringatan Hari Pramuka ke-61 adalah momentum untuk membangkitkan lagi semangat para anggota Pramuka setelah lebih dari dua tahun dilanda pandemi COVID-19.

“Kepada seluruh tingkatan sekolah yang ada di Kabupaten Batang untuk digerakan lagi pramukanya agar aktivitas yang disiapkan Kwarcab Pramuka Kabupaten Batang adanya kegiatan lapangan dan event pada tingkat provinsi yang rencana kita akan ikuti,” terangnya.

Ia berharap Kwartir Ranting Pramuka segera menyiapkan mandiri jadi sewaktu-waktu ditunjuk untuk diikut sertakan kita sudah siap semuanya. Nanti Kwarcab tinggal mengajukan nama saja yang akan dikirim ke event provinsi.