KORMI Batang Agendakan Permainan Tradisional di Destinasi Wisata

Batang – Berolahraga bagi setiap individu merupakan sebuah kebutuhan, agar stamina tetap prima. Banyak cara untuk mendapatkan tubuh yang bugar, diantaranya berolahraga yang dikolaborasikan dengan permainan tradisional.

Program tersebut inisiasi dari Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Batang, Karyono yang baru dikukuhkan oleh Kepala Disparpora Yarsono, di Aula Bupati Batang, Sabtu (3/9).

Ketua KORMI Batang Karyono menyampaikan, potensi permainan tradisional di Batang sangat variatif, maka secara bertahap akan diagendakan untuk masuk dalam daftar program KORMI.

“Ada gobak sodor, ketapel, panahan tradisional dan permainan tradisional lainnya, yang berpotensi menimbulkan efek bahagia bagi pemainnya,” jelasnya.

Segmentasi tidak terbatas pada usia tertentu. Sebab olahraga rekreasi ini tujuan utamanya adalah menimbulkan efek bahagia dan tubuh yang bugar.

“Rencananya kami akan berkolaborasi dengan Disparpora untuk menggelar pertandingan olahraga tarik tambang dan gobak sodor,” katanya.

Kepala Disparpora Batang Yarsono mengatakan, program kerjanya akan disinergikan dengan destinasi wisata yang ada di Batang.

“Objek wisata di Batang sudah mulai menggeliat dan bisa dijadikan media untuk menggelar olahraga rekreasi yang menyenangkan,” ungkapnya.

Ia menerangkan, objek wisata yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung program KORMI antara lain sepanjang tepi Pantai Sigandu hingga Pantai Jodo.

“Di sebelah selatan bisa mengoptimalkan Deswita Pandansari, Taman Sailendra, THR Kramat dan lainnya, karena di sana banyak lokasi menarik untuk berwisata,” terangnya.

Untuk mendukung program KORMI, ujarnya, tentu tidak hanya perlu dukungan dari Pemda.

“Olahraga rekreasi ini tidak bisa didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Maka kami berupaya menggandeng pihak swasta misalnya dengan program CSR dari perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap kesehatan sekaligus kebahagiaan masyarakat,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Ketua KORMI Jateng Eko Suprayitno menerangkan, olahraga rekreasi lebih menitikberatkan agar masyarakat memiliki kebugaran dan kebahagiaan yang baik.

“Tiap daerah pasti punya potensi di olahraga rekreasi, sepanjang masyarakatnya senang berolahraga,” ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Batang Soetadi menambahkan, apapun olahraganya, misi utamanya adalah membina karakter bangsa.

“Baik olahraga prestasi, masyarakat maupun rekreasi tetap menjunjung tinggi kejujuran, sportivitas dan kedisiplinan demi mewujudkan manusia yang berkarakter,” tandasnya.