Dukung KITB, Kemnaker Gelar Pembinaan Bursa Kerja Khusus

Batang - Kementerian Ketenagakerjaan menggelar pembinaan Bursa Kerja Khusus (BKK) yang diikuti oleh BKK se-eks Karasidenan Pekalongan. Kegiatan yang digelar untuk mencetak tenaga kerja kompeten untuk Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) itu berlangsung 5-7 September 2022 di Hotel Horison, Kota Pekalongan.

Stafsus Menaker Caswiyono Rusydie, Selasa (6/9), menyampaikan, tiga tantangan yang dihadapi saat ini, yaitu  adanya bonus demografi, revolusi industri dan dampak Pandemi COVID-19  yang menyebabkan pergeseran pekerjaan.

“Selanjutnya Kemnaker mempersiapkan beberapa hal untuk menghadapi tantangan tersebut yaitu dengan mempersiapkan kebutuhan tenaga kerja, melakukan reformasi pendidikan dengan menyesuaikan  jurusan yang  dengan kebutuhan pasar kerja, menyiapkan sertifikasi calon tenaga kerja dan menyiapkan sistem pasar kerja,” jelasnya.

Penyiapan SDM, jelasnya, dengan penguatan BKK di semua SMK dan LPK di Kabupaten Batang dan sekitarnya.

“Salah satu agenda strategis dalam penyiapan SDM calon tenaga kerja di KIT adalah penguatan BKK di semua SMK dan LPK di Kabupaten Batang dan sekitarnya. BKK tersebut harus terhubung dan menjadi bagian dari ekosistem pasar kerja yang telah kita siapkan. Sistem pasar kerja tersebut bernama  SIAPkerja,” terangnya.

Ia juga mengatakan, Kemnaker menyiapkan Anjungan SIAPkerja.

"Dengan adanya anjungan SIAPkerja maka akan meminimalisir adanya praktik-praktik percaloan di dunia industri yang ada di KIT Batang. Karena seluruh informasi ketenagakerjaan yang ada di KIT Batang harus melalui layanan satu atap di Anjungan SIAPkerja,” pungkasnya.