Tingkatkan Literasi Digital, 42 Pramuka Ikuti Sosialisasi Saka Milenial oleh Diskominfo Pemalang

Pemalang - Sebanyak 42 orang Pramuka Penegak dan Pandega di Pemalang yang menyukai literasi informasi teknologi digital mengikuti sosialisasi Satuan Karya Pramuka Mitra Inovasi dan Literasi Teknologi Informasi Digital (Saka Milenial) yang digagas Diskominfo Kabupaten Pemalang, Jumat (9/9).

Saka Milenial merupakan wadah pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang menyukai kegiatan Teknologi Informasi Komunikasi terutama bidang pengembangan teknologi komputer.

Saka Milenial juga membuka kesempatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega untuk mengikuti kegiatan Pengembangan Teknologi Komputer dengan Krida - krida yang dapat dipilih sesuai dengan keinginan.

Saka Milenial yang digagas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ini mempunyai 5 Krida yang dapat dipilih bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang akan menggeluti Teknologi Informatika yaitu, 1. Literasi Digital Dan Internet. 2. Kreasi Animasi Dan Multimedia. 3. Inovasi Perangkat Lunak. 4. Telemetri dan Robotika. 5.Teknologi Jaringan dan Big Data.

Sejumlah peserta usai mengikuti kegiatan tersebut mengaku senang karena bermanfaat bagi pengembangan hobinya yang getol dalam bermedia sosial.

Plt. Kadiskominfo Pemalang selaku Ketua Mabi Saka Milenial Joko Ngatmo dalam kesempatan tersebut memberikan semangat sekaligus mengucapkan salam perkenalan kepada generasi muda yang mengikuti kegiatan perkenalan Saka Milenial tersebut.

"Perkenalan awal dan semangat bersama merupakan modal awal bagi kita untuk bisa melaksanakan kegiatan selanjutnya," ujarnya di Taman "Patih Sampun" Pemalang.

Joko bahkan berjanji akan memfasilitasi kesenangan atau hobi anggotanya. Untuk itu, pihaknya berpesan penegak dan pandega yang mengikuti kegiatan ini untuk mengajak kepada teman - teman di sekolah yang berminat supaya ikut bergabung dalam Saka Milenial.

Sementara itu, Titi Resmiyati selaku Kabid PIKP melalui Fungsional Pranata Humas Ahli Muda Diskominfo Pemalang Jaju Ningsih menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk menumbuhkan minat dan kesadaran Pelajar / Pramuka Pemalang berperan aktif dalam program SAKA Milenial.

Sedangkan untuk sukses dan lancarnya kegiatan ini, pihaknya mengundang nara sumber Sucahyo Kuswirantomo dan Arvin Satya dari Saka Milenial Kota Semarang.