Permainan dan Seni Tradisional Meriahkan "Tembiring Creative Fun" di Demak

Demak - Semarak Tembiring Creative Fun yang digelar di panggung kesenian lapangan tembiring pada Minggu (11/9), dimeriahkan berbagai grup kesenian dan komunitas.

Mereka menampilkan berbagai kesenian dan permainan yang menarik, seperti penampilan dari Dejaco (Demak Jaipong community), Senam Funky, serta komunitas Dolaget (Dolanan Lali Gadget) yang diiringi alat musik tradional angklung dan jaranan.

Ada juga peserta olah jasmani senam yang diikuti 690 orang, terdiri dari siswa-siswi SMA se-Kabupaten Demak dan masyarakarat. Permainan menarik ditampilkan kelompok dolaget seperti bermain estafet boneka, bermain enggrang, holahop dan menari bersama.

Dalam kegiatan ini  juga dilaksanakan "Ngobrol Bareng Bupati" dan sosialisasi barang kena cukai ilegal dengan menghadirkan tim Bea Cukai Semarang.

Sebelumnya dilakukan pembukaan acara oleh Bupati Demak Eisti'anah ditandai dengan pelepasan balon didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata Endah Cahya Rini, dan pimpinan perangkat daerah lainya.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Demak Endah Cahya Rini menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memanfaatkan adanya gedung kesenian yang ada di Tembiring Jogo Indah serta mengembangkan kreativitas masyarakat.

"Selain memanfaatkan gedung kesenian untuk penampilan seni, saya harapkan ini juga dapat bermanfaat untuk pegiat ekonomi agar lapak - lapak yang ada di lokasi ini dapat bermanfaat dan dapat berkolaborasi untuk memasarkan produk dagangannya," ujarnya.

"Harapannya di Demak ini ekonomi bisa semakin menggeliat, masyarakat semakin bahagia, dan semuanya bisa lebih sejahtera," jelas Endah.

Sementara itu, Bupati Eisti'anah menyampaikan kegiatan ini merupakan suatu inovasi dari Dinas Pariwisata, dan dirinya berharap nantinya bisa berkolaborasi, bersinergi dengan dinas-dinas lain.

"Mungkin nanti dapat bekerja sama dengan para UMKM dari Dindagkop, Dinas Pertanian, bisa membuat dan membantu sarpras disini untuk meramaikan," kata Eisti.

Dengan adanya kegiatan ini, Eisti berharap agar dapat meningkatkan kreativitas dan tentunya pariwisata di Demak.