Plt Bupati Pemalang Kembali Wanti-wanti Pilkades Tanpa Politik Uang

Pemalang - Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat kembali mengingatkan agar pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di wilayahnya tidak ada lagi yang melakukan praktik suap atau politik uang.

"Ini tolong disampaikan lagi ni Pilkades jangan ada lagi ngasih uang. Jangan ada lagi money politic tolong sampaikan lagi kepada masyarakat. Kita harus bersihlah," tegasnya, usai Rapat Paripurna DPRD, Senin (12/9).

Mansur mengaku terkejut ketika mendengar bahwa dana yang disiapkan untuk seorang calon kepala desa nilainya hingga miliaran rupiah.

"Masa untuk calon kepala desa sampai habiskan uang milliaran gitu dari mana uangnya. Tolonglah," pintanya.

Mansur bahkan mengusulkan agar semua calon kades untuk menandatangani perjanjian atau pakta integritas sebagai salah satu upaya untuk mencegah praktik politik uang.

"Bila perlu nanti bikin pakta integritas apabila melanggar bisa didiskualifikasi," pungkasnya.

Dikabarkan guna mengantisipasi gangguan pelaksanaan Pilkades, Plt Bupati Pemalang bersama dengan Kapolres dan Dandim 0711/Pemalang melakukan road show ke sejumlah desa yang akan meĺaksanakan pilkades. Kunjungan terakhir kemarin di Desa Warungpring pihaknya juga mengingatkan untuk menghindari politik uang dalam pelaksanaan Pilkades.