Pemkot Lubuklinggau Gelar Lomba Kampung Tangkal COVID-19

Lubuklinggau - Penilaian Lomba Kampung Tangkal COVID-19 tingkat Kota Lubuklinggau dilakukan pada tanggal 6-10 Juli 2020 dengan tim penilai terdiri dari 5-8 orang dan satu tim penilai menilai dua kecamatan.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Lubuklinggau Dian Chandera mengatakan tolak ukur penilaian mengarahkan masyarakat agar patuh terhadap protokol kesehatan dan serta kerjasama tiga pilar di kelurahan.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Setda Kota Lubuklinggau Muhamad Rozikin mengungkapkan tujuan lomba ini untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 sehingga mempercepat proses terbebasnya Kota Lubuklinggau dari pandemi tersebut melalui sinergitas tiga pilar yakni pemerintah, TNI dan Polri.

Adapun dari lomba ini diharapkan tercapainya aparatur pemerintah kelurahan yang handal, tertib administrasi, dan sigap dalam hal pendataan dan penanganan pencegahan penyebaran COVID-19.

Selain itu sebagai metode untuk meningkatkan sinergitas antara pemerintah kelurahan, Babinsa, Babinkamtibnas dan masyarakat untuk meningkatkan kepatuhan dan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan.

Tata cara penilaian lomba Kampung Tangkal COVID-19 dilakukan dengan melakukan konversi kriteria penilaian yang dimiliki kelurahan selama masa pencegahan dan penanganan penularan COVID-19 ke dalam suatu besaran angka agar dapat dikalkulasikan dengan bobot yang telah ditentukan dengan nilai akhir tertinggi diberi nilai 100 dan terendah 10.

 

Kriteria penilaian tertib adminitrasi bobot penilaian 10 persen, data dengan variabel penilaian gugus tugas COVID-19 kelurahan (bobot penilaian 10 persen), sarana prasarana protokol kesehatan (bobot penilaian 20 persen), tingkat sinergitas tiga pilar pimpinan wilayah kelurahan (bobot penilain 30 persen), dan tingkat kepatuhan atau disiplin masyarakat kelurahan dalam melaksanakan protokol kesehatan pada masa pandemi COVID-19 (bobot penilaian 30 persen).

Hasil rekapitulasi dalam bentuk variabel penilaian akan ditentukan secara langsung oleh Wali Kota Lubuklinggau, Dandim 0406, dan Kapolres Kota Lubuklinggau untuk juara 1,2 dan 3 dari 10 peserta terbaik.