Pemkot Lubuklinggau Terima Kunker Komisi IV DPRD Sumsel

Lubuklinggau - Pemerintah Kota Lubuklinggau menerima kunjungan kerja Komisi lV DPRD Provinsi Sumatera Selatan dalam rangka koordinasi pelaksanaan bantuan gubernur Sumsel kepada kabupaten/kota, serta koordinasi pelaksanaan kegiatan OPD mitra kerja Komisi lV di wilayah Kota Lubuklinggau terkait pembahasan Nota Keuangan dan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019 di Op Room Moneng Sepati, Selasa (7/7).

Saat tiba di Pemkot Lubuklinggau, rombongan diterima langsung oleh Wali Kota SN Prana Putra Sohe didampingi Ketua DPRD Rodi Wijaya dan Sekda Rahman Sani.

Dalam paparannya di hadapan anggota Komisi IV DPRD Sumsel, Wako SN Prana Putra Sohe mengatakan, ada beberapa yang ingin disampaikan terkait kondisi terkini di Kota Lubuklinggau. Pertama, berkaitan dengan COVID-19.

Menurutnya, di Kota Lubuklinggau jumlah pasien yang positif COVID-19 sebanyak 98 orang. Hanya saja dari 98 itu, yang telah dinyatakan sembuh sebanyak 92 orang. Artinya tinggal tujuh orang lagi yang masih menjalani isolasi di Rumah Sehat Silampari (RSS) maupun isolasi mandiri di rumah masing-masing.

“Saat ini Kota Lubuklinggau belum memasuki tatanan hidup baru, tetapi sejumlah fasilitas umum (fasum) sudah dibuka untuk masyarakat. Hanya saja tetap mengikuti prosedur protokol kesehatan,” katanya.

Wako juga mengungkapkan dalam penanganan COVID-19, Pemkot Lubuklinggau telah mendirikan posko induk GTPP COVID-19 Kota Lubuklinggau yang berada di eks Perkantoran Pemkab Musi Rawas Taba Pingin yang kini telah menjadi aset Kota Lubuklinggau.

Mengenai anggaran untuk penanganan COVID-19 di Kota Lubuklinggau, ujar wako, jumlahnya sangat kecil, tetapi pemerintah semaksimal mungkin untuk mengatasi pandemi ini. Begitu pula dengan pendistribusian bantuan sembako kepada masyarakat juga berjalan lancar, aman dan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Ketua Komisi lV DPRD Provinsi Sumsel Muhamad Ridho mengatakan, kegiatan kunker adalah amanah rapat dan rancangan anggaran APBD melalui bantuan gubernur untuk Kota Lubuklinggau.

Pada 2020, bantuan Gubernur Sumsel untuk Pemkot Lubuklinggau sebesar Rp27 miliar, sedangkan bantuan melalui Dinas Perkim Sumsel berupa peningkatan jaringan kepipaan dan peningkatan akses jalan di Kelurahan Petanang.

Adapun anggota Komisi lV DPRD Provinsi Sumsel yang berkunjung ke Kota Lubuklinggau terdiri dari R.A. Anita Noeringhati (koordinator/ketua DPRD), Muhamad F Ridho (Ketua Komisi IV), Hasbi Asadiki, (Wakil Ketua Komisi IV) Nasrul Halim, (Sekretaris Komisi IV), Nadia Basjir, David Hadrianto Aljufri, Zulfikri Kadir, Meli Mustika, Maliono, Efrans Effendi, Holda, M Oktafiansyah, Syamsul Bahri, Nopianto, M Subhan, Askweni, Junaidi, Rudi Hartono.